Selama kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diberlakukan Pemerintah Republik Indonesia berlangsung, penduduk Indonesia diharapkan untuk membatasi kegiatannya dan beraktivitas di rumah.


Beraktivitas di rumah seharusnya tidak dapat membatasi Anda untuk bersikap produktif. Maka itu, berikut CASA Indonesia menghimpun 6 kiat yang bisa Anda lakukan untuk tetap produktif saat melakukan physical distancing




1. Ciptakan Ruang Kerja Dedicated


Situasi ruangan tentu akan memengaruhi kemampuan mental Anda untuk fokus pada pekerjaan. Anda dapat menciptakan ruang kerja khusus untuk diri Anda sendiri untuk meningkatkan fokus ketika bekerja.



Instagram @CASA Indonesia / Fiano Interior


Jika tidak memiliki ruang khusus, Anda bisa menyulap meja makan atau island kitchen sebagai meja kerja. Hindari mencampuri tempat bekerja dengan tempat bersantai seperti sofa dan kasur agar Anda dapat membedakan kapan waktu kerja dan istirahat.


2. Kembangkan Diri Anda



Dekoruma


Mengutip layanan terpadu home & living Dekoruma, Anda bisa menjadi produktif melalui pengetahuan dan skill baru ketika beraktivitas di rumah. Mengikuti kelas online, berolahraga, dan mendengarkan kanal siniar inspiratif adalah salah satu caranya.


Baca juga: Menata Ulang Apartemen Sembari Kerja #dirumahaja? Bisa!


3. Lakukan Kegiatan Bersama Keluarga



Dekoruma




Jadikan momen beraktivitas di rumah sebagai awalan untuk Anda lebih mengakrabkan diri bersama keluarga. Anda bisa menonton bersama, bermain bersama, dan berbicara satu sama lain.


4. Tetap Fokus dan Hindari Gangguan


Ketika Anda bekerja di lingkungan kantor dengan fokus tinggi, Anda tentu juga akan termotivasi untuk fokus pada pekerjaan Anda.


Namun ketika Anda bekerja di rumah, tidak akan ada yang bisa memantau Anda dan tingkat kedisiplinan bisa saja menurun.



Instagram @CASAIndonesia / Meagan McBride


Anda bisa memulai sikap self-discipline ketika bekerja di rumah. Sikap tersebut bukan berarti Anda harus terus bekerja, melainkan menciptakan cycle antara beristirahat dan bekerja yang seimbang.


Baca juga: Work From Home? Ini Waktunya Menikmati Hunian Anda!


Anda bisa menggunakan metode pomodoro di mana Anda disiplin membagi waktu selama 25 menit untuk bekerja dan 5 menit untuk beristirahat. Pembagian waktu tersebut tentu harus disepakati untuk menciptakan produktivitas kerja yang baik.


5. Mulai Decluttering Rumah



Instagram @CASAIndonesia / Pretty Little Designs


Selama di rumah, decluttering atau aktivitas mengurangi dan mengefisienkan jumlah barang agar hunian terasa lapang bisa dilakukan. Aktivitas tersebut bisa dilakukan dengan memilah barang ke dalam tiga kategori; antara disimpan, disumbangkan, atau dijual. Rumah yang terkesan lapang tentu akan meningkatkan produktivitas.


Teaser: Dekoruma