Karya seni pada hunian memiliki banyak fungsi, dia dapat menjadi sumber ketenangan dan keindahan bagi pemilik rumah.


Seni kaligrafi khususnya tidak hanya dapat meningkatkan keindahan ruang keluarga. Bagi umat islam, karya tersebut juga dapat memberikan ketenangan spiritualitas ketika di rumah.





Berikut CASA Indonesia sajikan 6 inspirasi desain kaligrafi yang indah untuk membuat ruang keluarga Anda penuh ketenangan.


1. Kuningan Tembaga



Ahli Tembaga


Untuk menciptakan ruang keluarga yang tenang juga berkesan elegan, Anda bisa menggunakan desain kaligrafi dengan ukiran tembaga yang disepuh dengan material kuningan.


2. Digital Printing



Shopee


Kaligrafi berbahan kuningan tembaga memang memiliki kesan elegan, namun proses pembuatannya cukup memakan waktu dan relatif mahal.


Baca juga: 5 Tips Mendesain Musholla untuk Rumah Minimalis


Jika Anda ingin mencari desain kaligrafi yang simple dan memiliki harga terjangkau, Anda bisa menggunakan kaligrafi menggunakan teknik digital printing.


Biasanya, kaligrafi digital printing ini menggunakan material kanvas yang dibingkai oleh pigura. Anda bisa menggunakan desain kaligrafi berjenis ini untuk mendapatkan kesan minimalis di ruang keluarga.


3. Bahan Daur Ulang



Tokopedia


Jika menggunakan kaligrafi berbahan tembaga terasa berlebihan dan Anda ingin menggunakan desain kaligrafi yang ramah lingkungan, kini banyak desain kaligrafi yang menggunakan material bekas atau bahan daur ulang.




Salah satu yang sering digunakan adalah material kardus bekas. Jangan khawatir dengan kualitasnya, asal tidak terkena air, kaligrafi jenis ini memiliki tingkat ketahanan yang relatif baik.


4. Plat Besi



22 Lasers


Jika Anda ingin menampilkan kesan industrial pada hunian, Anda bisa menggunakan desain kaligrafi bermaterialkan plat besi.


Baca juga: Ruang Tamu Kecil Namun Tetap Bisa Bersantai di Rumah


Plat besi yang biasa digunakan memiliki tebal 1 sentimeter yang diukir menggunakan metode laser cutting.


5. Cat Motif Kaligrafi



Co-Sharing Office karya Andyrahman Architect / Mansyur Hasan


Jika Anda ingin mendapatkan hasil kaligrafi yang maksimal dan unik, Anda bisa menyewa jasa pengecatan motif kaligrafi untuk dinding ruang keluarga Anda.


Menggunakan cat tembok, seniman kaligrafi ini tidak hanya pandai menggambar lafaz suci, tetapi juga ornamen arabesque yang indah.


6. Kulit



Shopee


Desain kaligrafi menggunakan material kulit menjadi desain yang relatif mudah ditemui. Kaligrafi yang biasanya dipigura ini menggunakan material kulit kambing yang digambar menggunakan teknik tatah sungging.


Teaser: 22 Lasers