Terletak di perumahan pinggir kota Bangkok, Thailand yang sepi, rumah karya biro arsitektur asal Thailand, Ayutt and Associates Design berdiri dengan tegap.


Rumah tiga lantai di atas lahan 929 meter persegi dibungkus oleh plat-plat aluminium berpori yang membiarkan cahaya dan udara masuk, namun juga memberikan privasi bagi penghuni rumah.







Menurut sang arsitek, sistem panel berpori tersebut dapat menurunkan suhu interior ruangan lebih rendah 7 derajat dari suhu di luar.


Baca juga: Desain Rumah Untuk Anda Yang Ingin Dekat Dengan Alam


Diberi nama Shade House, hunian ini dibuat berdasarkan keinginan pemilik untuk dapat tinggal di lingkungan urban dengan taman personal untuk mereka nikmati sehari-hari.


Massa bangunan Shade House terdiri dari dua menara utama yang terhubung melalui koridor indoor/outdoor. Koridor tersebut menjadi inti hunian yang menghubungkan ruangan-ruangan di dalam rumah.




Lantai dua berisi area keluarga, kolam renang, dan area outdoor. Dari lantai pertama, ruang utama, dapur, dan ruang makan terpisah dan menciptakan sensasi seperti di rumah pohon.




Baca juga: Keren! Perpustakaan di Semarang ini 100% dari Kayu


Kamar tidur utama terletak di lantai paling atas, melebihi tinggi pohon di sekitar untuk memberikan nuansa privasi dan ketenangan.




Sang arsitek memang menjadikan elemen pepohonan sebagai bagian dari interior rumah. Hal tersebut dibuktikan melalui banyaknya kantong-kantong taman indoor yang dapat dinikmati oleh penghuninya.




Menelusuri Shade House, Anda akan disuguhi oleh keindahan taman yang ditempatkan secara strategis di sudut-sudut rumah.




Mulai dari taman outdoor, kantong taman indoor, hingga atap hijau, total vegetasi yang meliputi rumah mencapai 90% dan diperkirakan tumbuh hingga 150% dan membungkus interior rumah yang luas.


Sumber, Foto & Teaser: Inhabitat