Kebersihan merupakan faktor penting dalam menampilkan sebuah hunian yang indah serta bersih. Tidak hanya itu, rumah yang bersih pastinya akan memberi kenyamanan untuk para penghuninya. Oleh sebab itu, aktivitas bersih-bersih di rumah menjadi sebuah rutinitas yang hampir dilakukan pada setiap hari.


Namun tahukah Anda, bahwa ada beberapa area dan hal di rumah yang kerap kali luput dari jangkauan saat membersihkan rumah? CASA Indonesia telah mempersiapkan sebuah daftar berisikan tujuh hal yang kerap dilupakan untuk dibersihkan di dalam rumah, sehingga membantu membuat rumah Anda menjadi lebih bersih. 




1. Kolong Tempat Tidur


7 Hal Yang Kerap Dilupakan Saat Membersihkan Rumah

dok. Andersen Ross


Sering kali kolong tempat tidur hanya dibersihkan di bagian luarnya saja atau sejauh sapu menjangkaunya. Namun ternyata, jika tidak dibersihkan secara menyeluruh, tidak hanya debu, Anda akan menemukan jaring bahkan hingga telur laba-laba yang bisa menempel pada sudut rangka ranjang Anda. Oleh karena itu, bersihkan area ini secara menyeluruh dan berkala menggunakan penghisap debu jika ada kurang lebih 3 bulan sekali.


Baca juga: Air Purifier yang Anda Butuhkan untuk Rumah Sehat


2. Bagian bawah dinding


7 Hal Yang Kerap Dilupakan Saat Membersihkan Rumah

dok. The Spruce


Ketika sedang membersihkan rumah, area pada bawah dingin memang tidak luput saat disapu. Namun, jika Anda perhatikan. Debu-debu yang terkumpul sebelumnya, bisa saja menempel pada bagian tersebut dan lama kelamaan akan membuat dinding terlihat kusam. Anda dapat membersihkannya menggunakan duster atau kemoceng untuk menyapu bersih debu dan menggunakan cairan solutif pembersih dinding untuk noda yang sudah membandel.


3. Sudut rangka pintu dan jendela


7 Hal Yang Kerap Dilupakan Saat Membersihkan Rumah

dok. Westend 61


Terkadang saat membersihkan jendela atau pintu, acap kali hanya bagian permukaan dan kaca saja yang dibersihkan. Namun, penting juga bagi Anda untuk membersihkan secara menyeluruh meliputi rangka atau kusennya. Jika tidak sering dibersihkan, tentu debu dan kotoran akan mengendap yang nantinya akan merusak kualitas rangka pintu dan jendela Anda.


Baca juga: Memiliki Rutinitas Work From Home Selama Karantina


4. Lantai lemari


7 Hal Yang Kerap Dilupakan Saat Membersihkan Rumah



dok. Lisa M. Robinson


Memberi alas pada rak dan lantai lemari merupakan solusi mudah untuk membuat furnitur tersebut terlihat bersih. Namun, Anda pun harus meluangkan waktu untuk membersihkannya secara menyeluruh. Sama halnya dengan area rumah yang lain, debu akan mengendap jika terlalu lama tidak dibersihkan. Bersihkan lemari secara berkala hanya dengan menggunakan kemoceng sehingga tempat pakaian Anda terhindar dari kotoran atau bahkan tungau yang akan merusak pakaian.


5. Filter udara


7 Hal Yang Kerap Dilupakan Saat Membersihkan Rumah

dok. Douglas Sacha


Bermukim di perkotaan, kualitas udara menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Keberadaan air purifier di dalam rumah akan sangat membantu menjaga kualitas udara agar tetap bersih dan segar. Menjadi penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan berkala pada aksesori interior yang dimiliki. Anda bisa membersihkannya dari debu dengan cara mencucinya menggunakan air mengalir atau bahkan mengganti filter udara kurang lebih setahun sekali.


Baca juga: 6 Inspirasi Teralis Jendela untuk Rumah Aman dan Nyaman


6. Tanaman Hias


7 Hal Yang Kerap Dilupakan Saat Membersihkan Rumah

dok. Westend 61


Tanaman hias memang berguna sebagai alternatif pembersih udara pada ruangan. Keutamaan fungsi tersebut hadir dari sifat indoor plants yang dapat menangkal debu. Namun layaknya sebuah filter udara, Anda pun harus cermat memerhatikan kondisi daun dari tanaman yang dimiliki. Jika sudah terlihat kusam dan terasa berat, Anda dapat membersihkannya menggunakankain microfiber atau kain yang telah Anda basahi sebelumnya untuk menambah kadar air pada tanaman.



7. Vacuum Cleaners


7 Hal Yang Kerap Dilupakan Saat Membersihkan Rumah

dok. Westend 61


Sebagai alat yang penting dalam membersihkan rumah dari debu, kualitas vacuum cleaners harus terjaga dalam kondisi prima. Untuk menjaga hal tersebut, baiknya Anda membersihkan alat penghisap debu di rumah seusai digunakan untuk membersihkan rumah. Anda dapat mencucinya dengan air, mulai dari kepala alat penghisap, selang, hingga filter debu yang ada di dalamnya. Jika kondisinya sudah kurang baik, segera lakukan perbaikan atau ganti dengan yang baru.


Sumber: The Spruce

Foto teaser: dok. Basak Gurbuz Derman