Menjalankan praktik physical distancing bukan menjadi halangan untuk hidup sehat. Di rumah pun, mendapatkan sayuran segar bebas pestisida kini bisa dilakukan.







Natufia, perusahaan asal Estonia yang fokus memproduksi perlengkapan hidroponik kini telah menciptakan sistem hidroponik indoor yang berbentuk seperti kulkas.




Seperti kulkas pada umumnya, alat tersebut juga memiliki pengontrol temperatur dan dapat ditempatkan di dalam dapur. Bedanya jika kulkas biasanya berisi bahan-bahan makanan mentah, kulkas yang juga diberi nama Natufia ini berisi sayuran segar yang siap dipanen.


Baca juga: Air Purifier yang Anda Butuhkan untuk Rumah Sehat


Ketika kulkas hidroponik berfungsi, Anda dapat memesan seed pod dan menempatkannya di dalam wadah germinasi. Setelah kecambah muncul, bibit-bibit tersebut baru bisa ditempatkan di dalam kulkas yang memiliki kapasitas 32 tanaman sekaligus.






Setelahnya, sistem secara otomatis akan memantau, mengontrol suhu, kelembaban, distribusi nutrisi, sirkulasi air, dan bahkan musik untuk mendukung pertumbuhan yang baik.




Kulkas hidroponik ini tidak hanya menyajikan sayuran segar saja, dia juga dapat memangkas perjalanan ke pasar swalayan, mengurangi penggunaan plastik sebagai bungkus, dan emisi transportasi yang dibutuhkan untuk mengirim sayuran ke pasar-pasar.


Sumber: Inhabitat
Foto & Teaser: Natufia