Bagi para pecinta ikan, memiliki kolam ikan outdoor di rumah bisa menjadi salah satu hal yang menenangkan. Apalagi dengan memiliki elemen kolam ikan ini, bisa memberikan daya tarik tersendiri bagi penghuni ataupun tamu yang datang berkunjung. 




5 Tips Merawat Kolam Ikan Outdoor di Rumah Minimalis

Saw HD


Apabila Anda sudah berhasil membuat kolam ikan outdoor indah yang menjadi idaman Anda, hal yang tidak kalah penting selain menikmatinya adalah merawatnya agar tetap terlihat elok.

Berikut CASA Indonesia telah merangkum beberapa tips merawat kolam ikan outdoor di rumah agar tetap terlihat cantik.


1. Hindari memberi ikan terlalu banyak makanan

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk merawat kolam ikan outdoor sebenarnya terkesan sepele. Memberi makan ikan dengan jumlah yang terlalu banyak dapat menyebabkan air kolam menjadi kotor dan keruh.


5 Tips Merawat Kolam Ikan Outdoor di Rumah Minimalis

Dekoruma


Berilah ikan-ikan Anda makanan dengan jumlah yang secukupnya agar tidak ada makanan yang tersisa menggenang di air kolam.


2. Perhatikan sirkulasi udaranya

Saat memiliki kolam ikan outdoor, Anda harus memperhatikan sirkulasi udara dalam kolam. Sirkulasi udara yang baik akan membantu ikan-ikan bergerak dan berenang dengan lebih aktif dan leluasa.


5 Tips Merawat Kolam Ikan Outdoor di Rumah Minimalis

Ikanesia


CASA Indonesia menyarankan untuk memastikan adanya air mancur atau air yang mengalir untuk membantu ikan-ikan bertahan hidup lebih lama. 


Baca juga, Buat Rumah Sejuk! Ini 12 Inspirasi Desain Kolam Ikan




3. Rutinlah memungut serpihan yang terjatuh ke kolam

Apabila Anda memiliki tanaman-tanaman disekitar area kolam ikan, pasti ada kalanya tanaman tersebut rontok dan terjatuh ke dalam kolam. CASA Indonesia menyarankan agar rerontokan tersebut sesegera mungkin dipungut.


5 Tips Merawat Kolam Ikan Outdoor di Rumah Minimalis

CASA Indonesia


Mengapa demikian? Apabila rerontokan tersebut tidak dipungut dengan cepat, hal yang ditakutkan adalah akan terjadi pembusukan dari rerontokan itu sendiri.

Pembusukan ini dapat menggangu kesehatan ikan dan juga membuat air kolam cenderung kotor dan keruh.


4. Sertakan jumlah tanaman yang seimbang

Kolam ikan Anda pasti akan terlihat lebih cantik dengan adanya tanaman disekitarnya. Selain mempercantik, tanaman ini dapat meningkatkan produksi oksigen serta meneduhkan area kolam.


5 Tips Merawat Kolam Ikan Outdoor di Rumah Minimalis

Dekoruma


Walaupun begitu, menyertakan tanaman dengan jumlah yang terlalu banyak juga tidak disarankan. Hal ini justru dapat membahayakan ikan karena jumlah oksigen yang berkurang drastis saat malam hari. 


5. Pindahkan ikan saat menguras kolam

Hal yang tidak kalah penting dalam merawat kolam ikan adalah mengurasnya. Kegiatan ini disarankan untuk dilakukan sekitar satu minggu sekali.


Baca juga, 9 Inspirasi Desain Kolam Renang


5 Tips Merawat Kolam Ikan Outdoor di Rumah Minimalis

Platform Architects / Vicky Tanzil


Pada saat sedang menguras kolam, ada baiknya ikan-ikan dipindahkan terlebih dahulu ke tempat lain. Selain mempermudah proses pengurasan kolam, hal ini juga dapat mencegah ikan menjadi stress dan terganggu dengan proses pengurasan.


Sumber teaser: Home My Design
Teks oleh: Shabrina P. Nisakara