Di sebuah bangunan yang ditinggalkan di Barcelona, Spanyol, gudang dengan luas 100 meter persegi disulap oleh biro arsitek MH.AP Studio dari Spanyol.







Biro arsitek yang dikepalai Marina Huguet Blasi dan Andres Penuela Betancur ini menampilkan konsep apartemen loft dengan banyak pencahayaan natural dan kualitas cross ventilation yang baik.




Untuk meningkatkan kualitas cross ventilation, Marina dan Andres membuat area living paralel tanpa sekat yang terhubung dengan patio besar.


Baca juga: Tak Hanya Manusia, Rumah di Thailand ini Bisa Bernapas!


Biasanya, atap sandar digunakan dengan menutupi 1/2 dari luas patio. Namun untuk mendapatkan pencahayaan natural yang lebih banyak, atap sandar dikurangi menjadi 1/4 dari luas patio.






Dari pintu masuk, kamar mandi dan studio kerja dibuat mengelilingi patio kedua. Nuansa gelap sengaja dibuat dengan menurunkan ceiling, lalu paduan cat Red Earth dari Farrow & Balls meningkatkan transisi antar ruang.




Kedua patio dibuat ulang untuk memastikan sistem drainase berjalan dengan baik. Untuk patio utama yang lebih lebar, lantai keramik heksagonal putih diaplikasikan untuk meningkatkan refleksi cahaya.




Sumber, Foto & Teaser: For Marcel Loft Apartment karya MH.AP Studio / Luis Diaz Diaz