Setelah masker sekali pakai, masker kain menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat di tengah mewabahnya pandemi COVID-19. Walaupun berbeda dari masker bedah atau N95 mask dalam segi penangkalan virus, masker bedah tetap jauh lebih dibutuhkan bagi para pejuang garis terdepan dalam krisis pandemi ini.






CASA Indonesia


Dengan anjuran pemerintah untuk memakai masker bagi siapapun yang harus keluar rumah dan terbatasnya masker sekali pakai, masker kain menjadi satu-satunya pilihan bagi kita yang berdiam di rumah. Untungnya masker kain sangat mudah untuk dibuat sendiri di rumah tanpa harus membeli.



The Spruce


Jika Anda terpaksa harus keluar rumah, berikut 3 cara Anda dapat membuat masker kain menggunakan barang yang sudah ada di rumah dan yang terpenting sangat simpel!


1. Masker dari Bandana



Jika di rumah Anda memiliki kain bandana yang berbentuk persegi, DIY ini cocok untuk Anda. Dengan hanya 3 barang dan tambahan filter (opsional) Anda dapat membuat masker kain sendiri tanpa harus menjahit.


Instruksi pembuatan:

1. Gunting filter dan lipat bandana menjadi dua

2. Masukan filter ditengah bandana yang sudah dilipat. Lipat bagian bawah keatas. Lipat bagian atas kebawah.

3. Letakan dua ikat rambut (kain/karet) di sisi kanan dan kiri masker kain berjarak sekitar 15 cm diantaranya

4. Ambil setiap ujung dari masker kain lipat kearah dalam agar kedua sisi bertemu

5. Angkat masker dengan memegang ikatannya sebagai perekat di kuping seperti masker biasa


2. Masker dari Scarf (Persegi Panjang)





Masker ini cocok bagi Anda yang tidak memiliki bandana atau kain berbentuk persegi. Hanya saja cara pembuatannya mirip dengan masker kain sebelumnya. Pastikan Anda telah mencuci dengan baik setiap kain yang akan dijadikan masker kain, sebelum dan sesudah penggunaan terutama kain bermaterial katun.


Instruksi pembuatan:

1. Lipat kain scarf menjadi dua (vertikal)

2. Lipat bagian bawah keatas. Lipat bagian atas kebawah agar sisi bawah dan atas bertemu ditengah

3. Ulangi langkah kedua agar masker kain tidak terlalu besar untuk dipakai

4. Letakan dua ikat rambut (kain/karet) di sisi kanan dan kiri masker kain berjarak sekitar 15 cm diantaranya

5. Ambil setiap ujung dari masker kain lipat kearah dalam agar kedua sisi bertemu

6. Angkat masker dengan memegang ikatannya sebagai perekat di kuping seperti masker biasa


3. Masker Kain dengan Kaos



Masks4All

Jika Anda bersedia untuk melakukan lebih banyak langkah untuk membuat masker kain, maka membuat masker Anda dari sebuah kaos dapat menjadi sebuah pilihan. Gunakan kaos yang tidak terpakai, dengan material 100% katun atau apa saja yang anda miliki yang penting tidak terlalu tipis.


Instruksi pembuatan:

1. Garisi pola potong pada kaos. Pastikan Anda memotong pas dibawah jahitan ketiak . Pastikan juga pola yang Anda gunting dapat menutupi bagian hidung dan mulut.

2. Potong pola di kedua bagian dari kaos yang Anda gunakan agar masker kain Anda memiliki dua lapisan

3. Gunakan peniti dibagian bawah masker dan selipkan tambahan filter (tisu/filter lainnya) di antara kedua lapisan masker. Penitinya mengamankan filter agar tidak terjatuh keluar dari masker.

4. Amankan masker kepada bagian mulut dan hidung. Ikat tali bagian atas kepada bagian bawah belakang kepala dan tali bagian bawah kepada bagian atas belakang kepala. Hal ini memastikan masker akan muat dengan pas pada dagu Anda.


Sumber teaser: Samantha Sleeper
Teks oleh: Annika Fathma