Renovasi merupakan sebuah cara yang dapat membawa nafas baru untuk menghadirkan suasana berbeda di dalam hunian. Tidak perlu merombak keseluruhan rumah, praktik penambahan serta alteration atau alih fungsi ruangan pada bangunan existing ternyata bisa jadi alternatif.


Desain Rumah Tropis Modern Yang Hangat Untuk Keluarga




Hunian di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini memperluas ruang komunal seperti living room merupakan salah satu tujuan utama rumah ini direnovasi. Ruang keluarga dirancang untuk dapat terintegrasi dengan area outdoor agar memiliki fungsi yang lebih fleksibel, serta memberi sirkulasi gerak yang lebih leluasa.


Desain Rumah Tropis Modern Yang Hangat Untuk Keluarga


Baca juga: Mengatur Rumah Impian ala CASA Indonesia


Sebagaimana rumah modern di kawasan tropis, kehadiran bukaan ruang yang lebar juga memaksimalkan intensitas cahaya matahari yang masuk. “Mempertimbangkan kondisi iklim tropis bagaimana mengatur jumlah cahaya matahari yang masuk, bukaan bukaan yang besar yang dapat menikmati bersatunya ruang interior dan ruang exterior.” papar Principal Architect ArMS, Muhammad Sagitha. 


Desain Rumah Tropis Modern Yang Hangat Untuk Keluarga


Pemanfaatan kolam renang sebagai bagian existing, membuat hunian ini semakin melebur dalam keasrian langgam modern tropis pada rumah seluas 364 meter persegi ini. Perluasan ruang yang dirancang juga memungkinkan untuk menghadirkan dining room di area yang sama, sehingga penggunaan ruang menjadi lebih maksimal. Selain memperluas ruangan, sang pemilik juga menginginkan adanya penambahan jumlah kamar tidur anak.




Desain Rumah Tropis Modern Yang Hangat Untuk Keluarga


Baca juga: 5 Tips Merawat Kolam Ikan Outdoor di Rumah Minimalis


Tidak hanya bagian dalam rumah, eksterior pun tidak luput treatment tambahan. Aspek yang terlihat jelas pada renovasi outdoor ini adalah kehadiran screen pada bagian fasad yang berguna untuk mengatur temperatur suhu serta memberikan privasi yang lebih aman menggunakan batuan alam. Batu bernama Basalto ini memiliki karakteristik yang keras serta durable, sehingga cocok digunakan pada hunian di kawasan tropis. 


Desain Rumah Tropis Modern Yang Hangat Untuk Keluarga


Disusun secara vertikal, batu Basalto ini terlihat membungkus area kamar tidur di lantai dasar agar menutupi dari arah pintu masuk. Pun begitu, batu yang ditata dengan kemiringan ini masih memungkinkan agar kamar tersebut mendapatkan pencahayaan matahari yang cukup. Batuan ini pun digunakan pada dinding living room yang memanjang ke area kolam renang, serta digunakan juga sebagai material dinding entrance yang memisahkan antara carport dan taman bagian dalam. 


Desain Rumah Tropis Modern Yang Hangat Untuk Keluarga


Untuk hunian ini, penggunaan batu Basalto yang dominan sebagai pelindung dinding diibaratkan sebagai sebuah sisik yang terbuat dari keping-keping yang disusun dalam satu arah. Oleh karena itu, rumah ini diberi nama Rumah Sisik Batu. 


Sumber foto: Paskalis Khrisno Ayodyantoro