Jika mendengar kalimat rumah tusuk sate apa yang ada di benak Anda? Rumah yang angker, rumah yang dapat mengurangi keberuntang, dan segala macam mitos lainnya yang terkesan merugikan bahkan menyeramkan sudah lekat dengan jenis rumah ini sedari dulu. 


Bagi Anda yang belum mengenal istilah ini, setiap rumah yang berada di ujung jalan pertigaan dan seakan membuat huruf T identik dengan sebutan rumah tusuk sate. Untuk menambah pengetahuan serta membantu mempertimbangkan membeli rumah tusuk sate, CASA Indonesia telah mempersiapkan lima mitos dan fakta mengenai rumah tersebut.




1. Penghuni mudah terkena penyakit


Menurut mitos, posisi rumah tusuk sate yang berada di ujung jalan ini mengalirkan energi atau chi yang sangat kuat sehingga dapat membawa nasib yang kurang baik kepada para penghuninya, salah satunya adalah mudah terkena penyakit.


5 Mitos dan Fakta Rumah Tusuk Sate Yang Perlu Diketahui

dok. streetsofsalem.com


Faktanya, dengan posisi tersebut rumah tusuk sate akan sangat mudah mendapatkan aliran angin yang cukup kencang, sehingga debu dan kotoran lainnya gampang masuk ke dalam rumah. Oleh karena itu, dengan memindahkan posisi jendela serta pintu ke arah samping, hal ini dapat jadi solusi agar sirkulasi udara tetap berada di batas normal


Baca juga: 7 Hal Yang Kerap Dilupakan Saat Membersihkan Rumah


2. Nasib buruk menyelimuti rumah tusuk sate


Penghuni yang kerap mendapati kesialan, baik dalam bentuk pribadi ataupun bisnis yang dijalankan merupakan salah satu mitos yang beredar mengenai rumah tusuk sate. Jika berkaca pada fakta, posisi rumah yang berada di persimpangan memiliki potensi untuk tertabrak dari kendaraan yang tidak beroperasi secara baik.


5 Mitos dan Fakta Rumah Tusuk Sate Yang Perlu Diketahui

dok. adsttc.com


Untuk mengurangi risiko tersebut, ada baiknya Anda menghadirkan tanaman pot berukuran besar untuk menjaga bagian depan rumah.


3. Terkenal sebagai rumah angker


Karena rumah tusuk sate memiliki energi chi yang cukup besar bagi sebagian mitos, oleh sebab itu terdapat kesimpulan jika rumah ini menarik perhatian banyak hantu atau makhluk halus lainnya. Meskipun hal tersebut terkesan aneh didengar, Anda dapat membuat rumah menjadi lebih terang, bersih, dan nyaman untuk mengurangi gambaran rumah yang seram.




5 Mitos dan Fakta Rumah Tusuk Sate Yang Perlu Diketahui

dok. parade.com


Anda dapat membersihkan rumah secara berkala, bahkan menghadirkan tanaman-tanaman di bagian pekarangan agar menambah keindahan.


Baca juga: 10 Produk Menggemaskan yang Buat Rumah Terlihat Ceria


4. Identik dengan penghuni rumah kurang harmonis


Dari mitos yang beredar, penghuni rumah tusuk sate ini memiliki hubungan yang kurang harmonis, baik untuk seisi rumah atau para tetangganya. Namun, hal tersebut dapat dikaitkan dengan fakta jika rumah ini tidak mempunyai penghalang untuk sinar matahari yang panas, sehingga dapat mengganggu kenyamanan penghuninya.


5 Mitos dan Fakta Rumah Tusuk Sate Yang Perlu Diketahui

dok. engelbrecht.by


Menghadirkan dinding roster, kanopi, atau screen ke dalam desain rumah dapat menjadi solusi untuk hal tersebut sehingga intensitas cahaya matahari yang masuk dapat teregulasi dengan baik.


5. Dikenal memiliki posisi yang strategis


Meskipun terkenal dengan beragam mitosnya yang terkesan menyeramkan, bagi beberapa orang rumah tusuk sate ini memiliki posisi yang strategis karena berada di ujung jalan.


5 Mitos dan Fakta Rumah Tusuk Sate Yang Perlu Diketahui

dok. dezeen.com


Minimnya penghalang pandangan pada rumah ini tentu sangat baik jika difungsikan sebagai tempat usaha rumahan, seperti toko atau kedai makanan. Posisi rumah tusuk sate membantu agar para calon pembeli tidak kesulitan mencari tempat yang ingin ditujunya.  


Sumber foto: dok. Pixabay