Untuk membangun rumah idaman di kawasan kota yang padat, banyak hal yang perlu Anda perhatikan. Hal yang paling mendasar adalah keterbatasan lahan yang tersedia. Namun, dengan sedikit kreativitas, kurangnya lahan akan bisa teratasi untuk dapat menghadirkan sebuah hunian yang nyaman.


Kreativitas tersebut bisa Anda tuangkan ke dalam rumah berjenis loft. Desain rumah ini terkenal memiliki ceiling yang tinggi, sehingga Anda dapat membuat sebuah ruangan lainnya di lantai atas untuk mengakomodasi ruang yang Anda butuhkan. Berikut adalah inspirasi desain yang akan membuat loft Anda lebih efisien.




1. Hias ceiling agar ruangan terkesan lebih vibrant


5 Desain Loft Mudah dan Efisien Untuk Anda Terapkan

dok. instagram.com/westcoasttinyhome


Salah satu ciri khas rumah dengan desain loft adalah memiliki ceiling yang tinggi. Terkadang membiarkannya polos tanpa sentuhan dekorasi personal seakan membuat hunian seperti ini kehilangan keunikannya. Oleh karena itu, Anda dapat menghias area tersebut dengan merancang tempat untuk tanaman sehingga membuat ceiling loft Anda lebih berwarna dan vibrant.


Baca juga: Bosan di Rumah? Ini Cara Mengatasinya Menurut Zodiak


2. Hadirkan spot bersantai menggunakan jaring pada ceiling


5 Desain Loft Mudah dan Efisien Untuk Anda Terapkan

dok. instagram.com/morakorytowsk


Jika Anda merasa akan sulit merawat tanaman yang berada di ceiling, Anda bisa juga menambah fungsi langit-langit di loft menjadi tempat bersantai. Salah satu caranya adalah dengan merancang hammock secara DIY menggunakan tali tambang. Gunakan tambang yang kuat namun memiliki tekstur yang tidak terlalu keras dan halus sehingga tidak mengganggu Ada saat bersantai. Jangan lupa untuk membuat pola seperti jala agar lubang yang ada tersebar merata.


3. Gunakan pembatas kaca pada lantai dua untuk memberi tampilan yang memanjang


5 Desain Loft Mudah dan Efisien Untuk Anda Terapkan



dok. Humble Homes


Dengan lahan yang terbatas, tentu dimensi interior rumah pun akan menjadi lebih kecil. Menyiasati hal tersebut, Anda bisa gunakan pembatas atau railing terbuat dari kaca transparan pada lantai dua. Hal tersebut akan menambah jarak pandang sehingga menampilkan ilusi ruang yang lebih memanjang.


Baca juga: Ini 9 Ide Menata Ulang Ruang Kerja di Rumah


4. Gunakan furnitur bergaya minimalis atau streamlined


5 Desain Loft Mudah dan Efisien Untuk Anda Terapkan

dok. Fresh Palace


Pemilihan furnitur untuk melengkapi rumah Anda juga menjadi penting untuk menghadirkan penampilan ruangan yang sesuai dengan keinginan. Untuk desain loft, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan furnitur bergaya minimalis atau yang memiliki karakter streamlined. Jenis furnitur seperti ini memiliki bentuk yang ramping, sehingga tidak terkesan memenuhi ruangan. Pandangan mata pun akan membuat interior memiliki ruang gerak yang optimal.


5. Berikan privasi untuk memisahkan ruang privat dari area lainnya


5 Desain Loft Mudah dan Efisien Untuk Anda Terapkan

dok. Goods Home Design


Ruang privat seperti area kerja dan kamar tidur biasanya menempati lantai dua di dalam rumah bertipe loft. Untuk menjaga kenyamanan serta privasi, Anda dapat merancang sebuah dinding yang terbuat dari kayu berongga untuk memisahkan pandangan dari ruang komunal ke arah ruang privat. Dengan bobot yang tidak terlalu berat, menggunakan kayu dapat meminimalisasi risiko rusaknya lantai dan rangka untuk lantai dua rumah loft Anda.


Foto teaser: dok. instagram.com/studiohearhear