Ketika bertarung dengan virus corona, dokter yang bekerja di garis depan merupakan profesi yang paling rentan terinfeksi virus.







Di tengah keterbatasan APD (alat pelindung diri) yang dapat dikenakan para dokter, kolektif desain asal Jerman, Plastique Fantastique menciptakan ruang perlindungan mobile berbentuk kapsul di mana dokter dapat merawat pasien COVID-19 dengan aman.


Baca juga: Lawan Corona! Perisai Pelindung Karya Arsitek Tiongkok


Agar udara di dalam kapsul tidak terkontaminasi, tekanan udara di dalam kapsul dibuat lebih besar agar udara mengalir secara stabil ke luar. Dari luar, ventilator bertugas mengaliri udara bersih ke kapsul yang terbuat dari plastik tersebut.




Untuk kapsul ini dapat digunakan, pertama dokter akan memasuki kompartemen air lock. Kompartemen tersebut akan menjaga tekanan udara sehingga prosedur disinfeksi bisa dilakukan.




Baca juga: 8 Tanaman Ini Mampu Cegah Corona Masuk Ke Dalam Rumah!


Setelah proses disinfeksi selesai dilakukan, dokter bisa merawat pasien mereka di bagian care unit pada sisi transparan dari kapsul.




Kapsul berukuran 32 meter persegi tersebut dapat berfungsi sebagai ruang kerja yang dapat dimasuki peralatan medis. Kapsul ini juga menyediakan fitur sarung tangan yang bisa digunakan untuk berinteraksi dengan pasien di sisi luar.


Pasca bekerja, bagian care unit dapat diubah menjadi ruang relaksasi di mana dokter dapat beristirahat sembari mengisi tenaga.


Sumber, Foto & Teaser: Design Boom, Plastique Fantastique