Aneh dan tidak biasa adalah hal yang terlintas ketika Anda pertama kali melihat karya dari seniman Korea Selatan, Jongjin Park.







Karya penuh warna yang terlihat berlapis-lapis ini dibuat menggunakan material yang mudah ditemukan, yakni kertas dapur.




Teknik menciptakan karya menggunakan kertas dapur dipelajari Park ketika berkuliah di Cardiff University, Inggris. Park melapisi setiap lembar dengan porcelain slip dan menyusunnya hingga membentuk objek yang besar.


Baca juga: Langka! Keramik Lantai Dijadikan Karya Seni & Kanvas


Untuk satu karya, Park membutuhkan setidaknya seribu lembar kertas yang harus dicat satu persatu. Beberapa lembar dicat dengan porcelain slip berbagai warna agar menciptakan efek pelangi.






Park menyukai warna-warna seperti merah muda dan biru karena sesuai dengan bentuk karyanya yang seperti kue. Karya Park yang unik ini memang terlihat rapuh. Namun ketika disentuh, karyanya keras seperti keramik pada umumnya.




"Sebagai seniman keramik, kita memiliki keuntungan untuk memahami material agar dapat memproses dan memanipulasinya untuk mendapatkan bentuk-bentuk yang menarik," tutup Park.


Sumber: Frameweb
Foto & Teaser: Jongjin Park / Frameweb