Selain produk-produk furniturnya yang jempolan, merk perabot asal Swedia yakni Ikea juga terkenal dengan sajian makanan mereka yang lezat.


Jika Anda mengunjungi toko Ikea di Alam Sutera, Tangerang misal, Anda bisa merasakan beberapa menu favorit khas Ikea seperti Smoked Salmon, Roasted Chicken, dan Swedish Meatball with Cream Sauce. Untuk menu yang terakhir itu, Ikea baru saja merilis resep resmi versi mereka.





Baca juga: Ini Resep Makanan Sehat dari Ikea


Dilansir oleh Ikea UK melalui Twitter, kini Anda juga bisa membuat Swedish Meatball Ikea yang lezat tersebut. Yuk disimak!





Bahan-bahan


Swedish Meatball

1. 500 gram daging giling
2. 250 gram daging pork (atau Anda bisa menggantinya dengan daging lain, sapi atau kambing)
3. 1 (satu) buah bawang bombai cincang lembut
4. 1 (satu) siung bawang putih (cincang atau geprek)
5. 100 gram breadcrumb
6. 1 (satu) butir telur
7. 5 (lima) sendok makan susu cair
8. Garam dan lada sesuai selera


Cream Sauce

1. Sedikit minyak 
2. 40 gram butter
3. 40 gram tepung terigu (plain flour)
4. 150 mililiter kaldu sayuran
5. 150 mililiter kaldu sapi
6. 150 mililiter thick double cream
7. 2 (dua) sendok teh kecap
8. 1 (satu) sendok teh Dijon mustard




Setelah semua bahan-bahan terkumpul, Anda bisa memulai langkah pertama yakni membuat Swedish Meatball-nya. Mulai dengan campurkan daging giling dan aduk hingga menyatu.




Lalu berikan bawang bombai, bawang putih, breadcrumb, telur, dan aduk lagi. Setelah itu tambahkan susu, garam, dan lada.


Langkah kedua adalah bentuk olahan daging tersebut menjadi seperti bakso dengan ukuran sesuai selera, lalu simpan di dalam kulkas selama dua jam. Jika sudah, goreng bola-bola daging tersebut di dengan minyak dan tingkat kepanasan sedang.


Baca juga: Kontainer Makanan Pintar untuk Hidup Sehat


Setelah berwarna cokelat, langkah ketiga adalah menutup bola-bola daging tersebut dan panggang di dalam oven panas dengan suhu 180 derajat celsius selama 30 menit.


Swedish Meatball selesai, kini Anda akan menyiapkan cream sauce ala Ikea yang khas. Langkah keempat adalah lelehkan 40 gram butter di dalam panci, masukkan tepung terigu dan aduk selama 2 menit.



Ilustrasi / Shutterstock


Tambahkan lagi kaldu sayur dan daging, lalu kembali aduk. Kemudian tambahkan 150 mililiter thick double cream, kecap, dan Dijon mustard. Lalu simmer saus tersebut hingga mengental.


Swedish Meatball with Cream Sauce ala Ikea kini siap disajikan untuk empat orang. Anda juga bisa menambahkannya dengan side dish favorit kalian seperti mashed potato dan lain-lain.


Sumber: Ikea
Teaser: Shutterstock