Meja rias yang fungsional dan tidak memakan banyak tempat sangat esensial bagi siapa pun yang menghabiskan banyak waktu di pagi hari untuk berdandan, mengurus rambut, ataupun bersiap-siap untuk pergi bekerja. Sebuah meja rias yang bisa memuat semua barang Anda, baik itu kosmetik, peralatan rambut dan lainnya, terkadang tidak terwujudkan karena segala keberantakan yang biasa memenuhi meja tersebut selesai digunakan.





The Scientist

Tentu Anda pernah mengalami hal ini, sama seperti banyak orang. Memiliki meja rias yang berantakan dan tidak tertata hanya membuat kamar tidur Anda terlihat tidak rapi dan cantik, namun ada solusi untuk mengatasi hal ini dan dapat menjaga estetika kamar. Tidak hanya merapikan, ide berikut ini juga dapat berperan sebagai dekor untuk meja rias Anda.



Lemonfridge Studio

Seberapa besar kamar Anda, 10 inspirasi dekor meja rias ini tidak hanya kekinian tetapi juga praktikal untuk menyimpan barang-barang Anda. Simak!


1. Menyusun kosmetik Anda dengan kontainer akrilik


Ide lebih baik apalagi selain menampilkan koleksi kosmetik secara jelas dengan kontainer akrilik. Selain menata rapi kosmetik-kosmetik Anda, memakai acrylic organizers seperti ini Anda dapat dengan gampang melihat dan mengambil dimana letak produk kosmetik Anda Pastikan setiap laci kontainer dan kompartemen memiliki kategori kosmetik masing masing agar setiap produk kosmetik Anda memiliki tempat penyimpanan. 


Hiier Living


2. Tambahkan lampu hias pada kaca meja rias


Harus bersiap-siap di cahaya gelap menjadi rutinitas bagi banyak orang yang harus bangun pagi bersiap untuk bekerja atau beraktivitas. Pencahayaan ruangan saja biasanya tidak cukup terang terutama bagi yang sehari-hari merias muka. Lampu hias dengan perekat yang dapat secara mudah di tempel lepas pada kaca dapat menjadi pilihan terutama bagi anak kos atau yang menyewa rumah.



The Strategist

Lampu hias seperti ini tidak hanya hemat uang bagi yang tidak ingin menghabiskan uang membeli meja rias dengan built-in lampu tetapi juga mudah untuk dilepas jika sudah selesai digunakan atau akan berpindah. Pastikan lampu hias yang Anda beli memiliki adhesive sementara dan tidak akan meninggalkan bekas lem yang tidak dapat dibersihkan. 



Wayfair

3. Tampilkan barang-barang yang cantik sebagai dekor


Memiliki meja rias yang cantik tidak harus ribet dengan membeli dekor. Cukup pamerkan barang-barang Anda yang cantik seperti parfum, lilin, dan diffuser pada meja rias Anda. Packaging botol parfum, lilin dan diffuser zaman sekarang dibuat serba cantik dan estetik cocok untuk Anda display di atas meja rias selain mempermudah untuk Anda gunakan.


Gritty Pretty


4. Gunakan nampan untuk aksesori sehari-hari


Menambahkan tray untuk menaruh aksesori sehari-hari Anda seperti cincin, anting ataupun jam membantu kerapian area meja rias Anda tetap terjaga. Jika Anda tidak memiliki nampan yang tidak terlalu besar, gunakan piring kecil atau piring antik kalau punya untuk menaruh aksesori Anda. Desain vintage yang terdapat pada piring antik dapat menambah estetika dan kontras desain pada meja rias Anda.


AIMStudioCo / Etsy


5. Ubah meja kerja Anda menjadi meja rias sekaligus


Tidak punya meja rias? Atau tidak punya cukup ruang untuk menambah meja rias? Jadikan meja kerja Anda sebagai meja rias sekaligus. Kunci untuk mengeksekusi hal ini dengan benar adalah menata dengan rapi tiap barang yang Anda miliki, baik yang Anda gunakan untuk bersiap-siap di pagi hari ataupun perlengkapan kerja.


DISTINCTiDENTITY




Memiliki laci dan kompartemen tertentu untuk menyimpan setiap barang Anda, menyediakan Anda space yang lega untuk dapat bekerja dan bersiap-siap di waktu yang berbeda di satu tempat.


Livet Hemma

6. Reuse tempat lilin bekas sebagai tempat penyimpanan 


Jika Anda sudah membakar habis lilin Anda, jangan buang tempatnya. Tempat lilin bekas dapat Anda cuci dan Anda gunakan kembali sebagai tempat penyimpanan untuk brush makeup, lipstik atau barang-barang kebutuhan lainnya. 


Kate La Vie


7. Sandarkan kaca yang unik di atas meja rias


Bagi sebagian banyak orang membeli sebuah meja rias di samping furnitur lainnya, tidak hanya memakan banyak tempat di rumah tetapi juga banyak biaya. Tetapi jika Anda masih ingin membeli furnitur untuk dijadikan meja rias, pertimbangkan men-DIY area meja rias Anda dengan sebuah meja dan kaca terpisah.


Stacey Cohen Design


Dengan melakukan hal ini, Anda juga dapat mendesain area meja rias Anda sesuai dengan gaya dan desain yang Anda inginkan. Mulailah dengan sebuah kaca yang berbentuk unik dan memiliki bingkai agar tidak mudah retak yang dapat Anda sandarkan ke dinding di atas meja Anda. Desain sesuai keinginan dan gaya Anda. 



A New Bloom

8. Buat lebih sederhana dan tertata bagi yang memiliki ruangan minim


Kesederhanaan terkadang menjadi kunci dalam desain ruang atau area rumah yang rapi dan estetik. Jika Anda memiliki ruang yang terbatas, lebih baik untuk mengambil inspirasi dari ruang yang Anda miliki dan buat area meja rias Anda lebih minimalis dan sederhana. Pada akhirnya, memiliki lebih sedikit space membuat Anda harus lebih minimalis dalam membeli barang dan mengurangi segala keberantakan yang dapat terjadi.

John Lewis

9. Sampingkan meja rias dekat dengan cahaya alami


Jika Anda tidak mau repot dengan membeli tambahan pencahayaan untuk meja rias, sampingkan meja rias dekat dengan cahaya alami. Ini tip yang sangat baik bagi yang sehari-hari mengaplikasikan makeup. Pencahayaan alami dapat memperlihatkan bagaimana muka Anda terlihat sebenarnya sebelum Anda pergi dari rumah.



Melissa Frusco

10. Pilih meja rias dengan built-in kompartemen


Bersiap-siap dan melakukan rutinitas perawatan wajah dan makeup menjadi hal terpenting dari hari sebagian banyak orang. Jika ini Anda, meja rias Anda tentu menjadi salah satu area favorit Anda dan menjadi tempat penyimpanan produk-produk esensial. Dalam hal ini, memiliki area meja rias yang fungsional dan kekinian menjadi suatu kebutuhan.


Michael Wiltbank / Real Simple

Pilihlah meja rias yang memiliki built-in kompartemen untuk menyimpan barang-barang Anda. Pastikan furnitur yang Anda pilih mempunyai kaca yang sesuai dengan kebutuhan Anda baik itu untuk makeup atau sekedar bersiap-siap di pagi hari. 


Sumber teaser: Urban Habitat Design
Teks oleh: Annika Fathma