Membantu sesama merupakan sebuah fungsi esensial dari makhluk sosial. Pada situasi pandemi Covid-19, hal tersebut jadi sangat dibutuhkan untuk para masyarakat yang sangat terdampak dalam aspek ekonomi. Banyak cara yang dapat dilakukan, salah satunya adalah yang diinisiasi oleh Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB Foundation).







YCAB Foundation menggandeng PLN serta Do-It untuk menghadirkan Light Up Indonesia. Inisiatif tersebut merupakan sebuah gerakan sosial yang bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat terkait tagihan listrik bagi golongan prasejahtera. 


Baca juga: Dekor Rumah Jadi Hemat! Lampu dengan Tiga Wujud Cantik




Berangkat dari keperdulian terhadap berkurangnya penghasilan secara signifikan hingga hilangnya pekerjan bagi beberapa pihak, Light Up Indonesia mengajak berbagai lapisan masyarakat yang lebih beruntung agar dapat berdonasi guna meringankan tagihan listrik bagi yang membutuhkan, sehingga kebutuhan pangan di dalam kehidupan rumah tangga dapat berlanjut tanpa harus tersisihkan oleh iuran.






Para donatur dapat mengunjungi situs Light Up Indonesia atau BenihBaik.com untuk berdonasi. Pada tahap pertama, donasi akan diberikan kepada 100.000 keluarga pra sejahtera. Selain itu, donasi ini bersifat langsung dan non tunai berkat bantuan dari beberapa perusahaan payment gateway yang juga bekerja sama dengan PLN untuk langsung membayarkannya sesuai nomor tagihan yang telah terdaftar.


Baca juga: Google Bantu Penuhi Kebutuhan Sehari-hari Melalui Wing




Light Up Indonesia ini juga hadir sebagai bentuk dukungan terhadap program subsidi listrik bagi pelanggan PLN yang menggunakan daya 900 VA dan 1.300 VA yang belum dapat menerima bantuan pemangkasan iuran dari pemerintah Indonesia.




Bersaman dengan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2020, YCAB Foundation akan menjangkau 40.000 perempuan pelaku usaha mikro binaan YCAB Ventures melalui program ini yang tersebar di Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Lampung. Bersama FAB Group, Light Up Indonesia juga menghadirkan program talkshow, health & wellness, serta music performance yang dapat disiarkan secara live di kanal Youtube Light Up Indonesia.


Sumber foto: dok. YCAB Foundation