Menurut Anda, apa yang bisa membuat sebuah rumah bisa masuk ke dalam kategori rumah termahal di dunia? Apa karena desain, kemewahannya, kemegahan bangunan atau sejarah rumah tersebut? Atau justru karena penghuninya? Sama-sama kita cari tahu dan buktikan! Berikut ini CASA Indonesia informasikan 10 rumah termahal di dunia beserta penghuninya.

1. Buckingham Palace, London, Inggris


Buckingham Palace, London, Inggris



Buckingham Palace/Royal Collection Trust


Rumah ini menjadi rumah termahal di dunia. Rumah yang juga merupakan kediaman Ratu Elizabeth II dan keluarga The Royal Family sudah ditinggalinya sejak tahun 1952 hingga saat ini. Bangunan megah dan mewah ini memiliki 775 kamar, di mana 19 state room untuk keperluan negara, 52 kamar tidur, 188 kamar untuk staff, 92 kantor, dan 78 kamar mandi.

Dikutip dari Nationwide Building Society pada 2012 lalu membuat perkiraan, bahwa rumah yang berlokasi di London, Inggris ini bernilai sekitar $1.550.000.000 atau setara Rp21,940 triliun.

2. Antilia, Mumbai, India


Antilia, Mumbai, India

Antilia, Mumbai, India / Metro UK


Sebenarnya jika dilihat dari segi arsitektur bangunannya, ini tidak bisa tergolong sebagai rumah dalam arti tradisional namun lebih mirip sebuah apartemen. Kondisi ini karena bangunan ini berdiri menjulang tinggi hingga 27 lantai. Meskipun demikian, bangunan ini merupakan milik pribadi yaitu Mukesh Ambani yang merupakan orang terkaya di India.

Bangunan yang memiliki luas 400.000 m2, dengan fasilitas seperti 6 lantai di area basement, dan tiga helipad. Selain itu ada 400 orang karyawan yang dipekerjakan untuk memelihara rumah ini. Rumah yang berlokasi di Mumbai, India ditaksir memiliki harga mencapai US$1.000.000.000 atau Rp14,6 triliun!  


Baca Juga: Menggaet Damien Hirst, Ini Dia Suite Termahal di Dunia


3. Vila Leopolda, Perancis


Vila Leopolda, Perancis

Vila Leopolda, Perancis/Mirror UK


Rumah ini ternyata pernah muncul di film Hitchcock Classic pada 1955 dengan judul "To Catch a Thief". Dalam film tersebut, terlihat jelas kemewahan desain interior dan kemegahan eksteriornya. Fasilitas yang ada di rumah tersebut di antaranya ada kolam renang baik di dalam maupun di luar ruangan. Bahkan ada juga ruang dapur terbuka di luar ruangan. Bahkan ruang tamunya yang memiliki luas dan sangat besar yang diperkirakan melebihi dari rumah-rumah para jutawan yang ada di dunia.

Pemilik rumah tersebut saat ini adalah Lily Safra, seorang dermawan dan janda dari bankir Lebanon bernama William Safra. Kepemilikan rumah sudah beralih karena telah dibeli pada tahun 2009 dengan harga US$ 750 juta atau sekitar Rp10,6 triliun oleh miliarder asal Rusia.

4. Witanhurst, London, Inggris


Witanhurst, London, Inggris

Witanhurst, London, Inggris / Moxley Architects


Witanhurst saat ini sedang dalam tahap proses renovasi. Setelah selesai, ini akan menjadi mansion terluas dan termahal nomor dua di London di bawah istana Buckingham Palace. Bangunan yang merupakan warisan kekayaan pengusaha sabun ini di bangun sejak awal abad ke-20 dan hanya memiliki 25 kamar tidur.

Karena keinginan pemiliknya yang menginginkan adanya beberapa perubahan pada bangunan rumah. Hasilnya ada tambahan villa yang memiliki tiga lantai dan ruang basement yang luasnya mencapai 3716 m2. Untuk area interiornya diperkirakan memiliki luas 8.361 m2 dengan estimasi harga bisa mencapai Rp6,37 miliar.


Baca Juga: Publik K-Pop Siap Terkejut dengan Rumah Megah Kim Junsu


5. Odeon Tower Penthouse, Monaco


Odeon Tower Penthouse, Monaco

Odeon Tower Penthouse, Monaco / For Super Rich


Meskipun bukan tergolong rumah, namun apartemen termahal di dunia jatuh ke Odeon Tower Penthouse, Monaco. Bagaimana tidak, bangunan tersebut diperkirakan oleh Blommberg akan mencapai Rp5,66 triliun!

Penthouse dengan lima lantai ini memiliki area interior seluas 3.298 m2, termasuk untuk ruang kamar tidur utama dengan ukuran 2,5 kali luas lapangan tenis. Namun, fasilitas yang paling menonjol dari penthouse ini adanya kolam renang di ruang terbuka serta perosotan setinggi dua lantai yang dipasang di lantai atas bangunan ini.

6. Four Fair Field Pond, New York


Four Fair Field Pond, New York

Four Fair Field Pond, New York / Newsday


Rumah yang berlokasi di Sagaponack, New York memiliki fasilitas berbeda di mana memiliki pembangkit listrik sendiri. Selain itu ada 29 kamar tidur, 39 kamar mandi, lapangan basket, bowling, lapangan tenis dan squash, serta tiga kolam renang.

Ira Rennert yang merupakan pemilik Grup Renco sekaligus sebagai pemilik mengeluarkan uang yang mencapai US$248,5 juta atau lebih dari Rp3,5 triliun untuk menyelesaikan pembangunan rumah ini. Jelas, kekayaan sang pemilik ini bersumber dari perusahaan investasi yang bergerak di bidang manufaktur dan peleburan.




Baca Juga: Kenali 9 Ciri Khas Desain Rumah Mewah Masa Kini


7. 18-19 Kensington Palace Gardens, London, Inggris


Kensington Palace Gardens, London, Inggris

Kensington Palace Gardens, London, Inggris / Livemint


Pemilik rumah mewah ini adalah Lakshmi Mittal, yang merupakan Kepala Arcelor Mittal, produsen baja terbesar dunia. Rumah ini berlokasi tepat berada di London, Inggris tepatnya sebelah rumah Pangeran William dan Kate Middleton saat masih bergabung di Royal Family (Keluarga Kerajaan Inggris).

Rumah dengan nomor 18-19 memiliki 12 kamar tidur, pemandian ala Turki, kolam renang dalam ruangan, serta area parkir yang dapat menampung 20 mobil. Harga rumah diperkirakan bisa mencapai US$222 juta atau setara dengan Rp3,14 triliun.

8. Villefranche-sur-mer, Perancis


Villefranche-sur-mer, Perancis

Villefranche-sur-mer, Perancis / cbsnews.com


Setelah resmi dimiliki oleh Biliuner Rusia, Mikhail Prokhorov di tahun 2008, harga Vila Leopolda ini melejit bahkan bisa mencapai 500 juta euro atau senilai 750 juta dolar AS. Vila tua yang dibangun pada tahun 1902 oleh Raja Belgia, King Leopold II yang kemudian diberikan kepada salah satu selirnya sebagai hadiah.

Vila yang termasuk ke dalam list rumah termahal di dunia ini memiliki 11 kamar tidur dengan 14 kamar mandi yang luasnya sekitar 50 hektar. Selain itu, fasilitas lainnya pun tak kalah mewah, seperti greenhouse, dapur outdoor, kolam renang, hingga helipad!


Baca Juga: Inilah Penampakan Rumah Mewah Seharga 3,25 Triliun!


9. Penthouse Tour Odeon, Monte Carlo, Monaco


Penthouse Tour Odeon, Monte Carlo, Monaco

Penthouse Tour Odeon, Monte Carlo, Monaco / cbsnews.com


Bangunan mewah dengan total 49 lantai mendapatkan predikat rumah termahal di dunia sebelum diresmikan. Hunian berupa apartemen yang memiliki luas 35.500 m2 ini diperkirakan harganya bisa mencapai 400 juta dolar AS saat dijual tahun 2015 lalu. Bagaimana jika tahun 2020 saat ini?

Gedung pencakar langit memiliki tinggi lebih dari 170 meter juga diberikan predikat sebagai gedung tertinggi kedua di langit kawasan Mediterania. Untuk fasilitasnya, jangan Anda tanyakan soal fasilitasnya, sudah pasti semua mewah!

10. Hearst Castle, Beverly Hills, Amerika Serikat


Hearst Castel, Beverly Hills

Hearst Castel, Beverly Hills / Los Angeles Daily News


Vila yang berada di kawasan Beverly Hills ini memiliki gaya arsitektur Italia. Faktanya, vila ini mempunyai cerita sejarah yang menarik. Vila ini dulunya ditempati oleh seorang penerbit surat kabar bernama William Randolph Hearst. William mendapatkan rumah ini dari warisan ayahnya, George Hearst.

Selain itu, ternyata rumah ini pernah digunakan sebagai tempat honeymoon orang nomor satu di Amerika Serikat, John F. Kennedy bersama istrinya Jackie. Fasilitasnya yang lengkap, mulai dari kolam renang, disko hingga bioskop sendiri membuat bangunan vila ini sangat diminati. Wajar saja bila, vila ini masuk ke dalam list rumah dan bangunan termahal di dunia karena harganya sudah mencapai $165 juta.


Dari daftar rumah dan bangunan termahal di dunia di atas, mana yang menjadi pilihan Anda menjadi seorang biliuner? Atau mungkin desain dari seluruh bangunannya bisa Anda jadikan inspirasi untuk merenovasi rumah Anda!


Foto teaser: visitlondon.com