Setelah 1 bulan #dirumahaja, tentu rasa bosan dan jenuh akan menghampiri. Setelah masa pandemic virus corona di Indonesia berakhir tentu akan banyak rencana kegiatan yang akan dilakukan nanti. Seperti bekerja, belajar, bertemu teman hingga liburan.

Bicara liburan tentu akan berhubungan dengan tempat wisata. Setiap orang pasti akan memiliki impian untuk bisa berlibur ke benua Eropa. Tapi, banyak juga yang akhirnya mengurungkan niatnya untuk berlibur ke Eropa karena masalah biaya. Namun jangan sedih dulu, untuk Anda yang ingin merasakan suasana liburan di Eropa ini ada tempat wisata di Jogja yang bisa dikunjungi nanti. Daripada penasaran, berikut ini CASA Indonesia berikan daftarnya

1. Langlang Buana




Langlang Buana

Langlang Buana / Agro Wisata Bhumi Merapi


Tempat wisata ini kini banyak menjadi pilihan para generasi milenial, khususnya yang memiliki hobi foto karena tempatnya instagrammable sama persis dengan di Eropa. Di sini, Anda dapat melihat pintu-pintu rumah yang dindingnya berwarna putih dengan pintu biru layaknya ketika berada di Pulau Santorini, Yunani.

Selain itu, tempat wisata Jogja ini juga menyuguhkan kawasan pengunungan yang indah, seperti ketika ada di pegunungan Alpen Swiss. Ini karena arsitektur khas Eropa yang dibuat membuat Anda akan lupa jika ini berada di Indonesia. Anda juga bisa menyewa kostum khas Eropa untuk berfoto di lokasi yang instagrammable.

Wisata Langlang Buana

Lokasi : Kompleks Agrowisata Bhumi Merapi. Jl. Kaliurang KM.20, Sawangan, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman.

Tiket masuk : Rp 20,000/orang

2. Stonehenge Cangkringan Jogja


Stonehenge Cangkringan Jogja

Stonehenge Cangkringan Jogja / mnc travel


Tentu Anda ingin berkunjungi ke Stonehenge yang berlokasi di Inggris, namun ada masalah di biayanya silahkan datang ke Jogja. Di sini ada replikasi Stonehenge yang sama persis dengan yang ada di Inggris.

Stonehenge Jogja atau biaa disebut Stonehenge Cangkringan mempunyai daya tarik tersendiri untuk wisatawan yang datang untuk melihatnya. Bahkan banyak orang yang ingin berfoto di Stonehenge karena batu-batu tersebut juga merupakan peninggalan prasejarah. Perlu diperhatikan, jika mengunjungi ke tempat wisata ini jangan menggunakan sepatu high heels. Lebih baik gunakan sepatu yang flat.

Wisata Stonehenge Jogja

Lokasi : Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman

Tiket masuk : Rp 10,000/orang (belum termasuk parker)

3. Studio Alam Gamplong


Studio Alam Gamplong

Studio Alam Gamplong / gamplong_studio


Tempat wisata Jogja yang akan membuat suasan liburan seperti berada di Eropa adalah Studio Alam Gampong. Selain menjadi salah satu tempat wisata yang harus dikunjungi, tempat ini sering digunakan sebagai tempat syuting film-film Indonesia seperti Sultan Agung The Untold Story, Habibie dan Ainun 3, dan Bumi Manusia.

Banyak wisatawan yang pernah datang ke sini beranggapan bahwa tempat wisata ini sebagai mini Hollywood yang ada di Indonesia. Anda bisa berfoto-foto di spot foto yang unik dan instagrammable. Selain seperti berada di Hollywood, nuansa Indonesia di abad 17 dan 17 akan terasa dan ditonjolkan. Ada juga bangunan-bangunan China, banteng Belanda, dan rumah Joglo yang merupakan ikonik properti zaman dulu. Cocok juga untuk tempat mengambil foto dan dibagikan di media sosial.

Wisata Studio Alam Gampong, Jogja

Lokasi : Dusun Gamplong, Desa Sumberrahayu, Moyudan, Sleman

Tiket masuk : bayar seikhlasnya

4. The World Landmark Merapi Park Jogja


The World Landmark Merapi Park Jogja

The World Landmark Merapi Park Jogja / TIMES Indonesia


Tempat wisata ini bisa dipilih untuk bisa merasakan liburan seperti di Eropa. Banyak bangunan miniature yang terkenal di Eropa, seperti menara Eiffel, menara Pisa, kincir angin Belanda, dan Big Ben London.

Destinasi wisata ini akan cocok untuk mengajak keluarga sekaligus mengenalkan kepada buah hati setiap miniatur bangunan yang ada. Tempatnya sejuk dan sepi, bahkan jauh dari suara bising kendaraan. Ketika berada di di sini, Anda akan melihat gunung Merapi jika cuaca sedang cerah.

Wisata The World Landmark Merapi Park Jogja

Lokasi : Jalan Kaliurang km 25, Pakembinangun, Pakem, Kabupaten Sleman

Tiket masuk : Rp 15,000/orang (belum termasuk biaya parkir)

5. The Lost World Castle


The Lost World Castle

The Lost World Castle / Pariwisataku


Tempat wisata ini jadi favorit wisatawan baik orang lokal Jogja dan juga wisatawan luar negeri karena mempunyai spot foto yang instagenic. Bangunan yang ada di tempat wisata ini memang mirip seperti benteng Takeshi, tapi banyak juga yang bilang mirip seperti tembok China. Selain itu di samping jalan juga dihiasai dengan bunga Sakura yang membuat Anda seolah-olah tengah berada di Jepang.

Datang ke tempat wisata ini, Anda akan melihat perkampungan suku Indian, kapal Black Pearl yang dilengkap dengan tengkorak bajak laut, hingga replica fosil tulang dinosaurus seperti di film The Lost World.

Wisata The Lost World Castle Jogja

Lokasi : Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman



Tiket masuk : Rp 25.000 (weekday) dan Rp 30,000 (weekend)

6. Rumah Paris Jogja


Rumah Paris Jogja

Rumah Paris Jogja / Yogyakarta


Jika disebutkan nama, pasti sudah bisa dibayangkan jika rumah ini akan memiliki nuansa Eropa yang mengusung gaya pastel yang akan membuat Anda terpesona. Sebenarnya rumah ini merupakan penginapan yang memang dibuat dengan konsep desain bangunan Eropa.

Sedangkan untuk desain interior, tempat menginap ini menggunakan style pastel dan vintage yang akan membuat foto semakin instagenic. Untuk Anda yang memang memiliki rencana untuk berlibur ke Jogja, booking terlebih dahulu rumah Paris ini sebagai tempat tinggal selama Anda di Jogja.

Lokasi : Jl. Parangtritis Km. 8,4, Dsn. Tembi, Ds. Timbulharjo, Kec. Sewon, Bantul

7. Gumuk Pasir Parangkusumo


Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo / novanandre


Gumuk Pasir Parangkusumo bisa dibilang Gunung Sahara yang ada di Jogja. Layaknya gurun, kawasan wisata ini merupakan gundukan pasir yang eksotis. Di sini Anda akan bisa melakukan olahraga ekstrim Sand Boarding yang akan dikenai biaya sebesar Rp 150.000 - Rp 200.000 sekaligus biaya sewa papan selancar.

WIsata Gumuk Pasir Parangkusumo

Lokasi : Jl. Pantai Parangkusumo dan pantai Parangtritis, Grogol 10, Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul (28km dari pusat kota Jogja).

Tiket masuk : Rp3.000/orang (parkir motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000)

8. Rumah Hobbit Jogja


Rumah Hobbit Jogja

Rumah Hobbit Jogja / Happy Tour


Kalau Desa Hobbiton terlalu jauh untuk didatangi dan butuh budget yang tidak sedikit, Anda bisa mengunjungi Rumah Hobbit Jogja bisa jadi pilihan. Di tempat wisata ini akan mengingatkan seperti di atmosfir Desa Hobbiton New Zealand yang menjadi tempat syuting film The Hobbit dan film Lord of the Rings.

Di Jogja, selain ada spot Rumah Hobbit lainnya yang bisa didatangi di Jogja yaitu Hobbit House Merapi di Dusun Jambu, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Untuk tiket masuk Rp10.000/orang.

Wisata Rumah Hobbit Jogja

Lokasi : Jln. Hutan Pinus, Dsn. Nganjir, Ds. Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul (21 km dari pusat kota Jogja, tepatnya di kawasan wisata Seribu Batu Songgo Langit).

Tiket masuk : Rp2.000/orang, sedangkan tiket parkir Rp2.000/motor dan Rp5.000/mobil

9. Gereja Gothic Sayidan


Gereja Gothic Sayidan

Gereja Gothic Sayidan / javascenery


Jika ingin berwisata sejarah dengan mengunjungi kastil-kastil, Gereja Gothic Sayidan. Meski bentuknya mirip gereja, namun ternyata tempat ini merupakan tempat tinggal yang pemilikinya merupakan keturunan Tionghoa. Sanking unik dan keren, tempat ini sering dijadikan background foto wisatawan yang sedang berlibur di Jogja.

Gereja Gothic Sayidan

Lokasi : Sayidan, Kelurahan Prawirodirjan, Kecamatan Gondomanan

10. Kastil Soragan


Castil Soragan

Castil Soragan / Sentra Holiday


Jogja terkenal dengan banyaknya bangunan keraton yang megah. Selain itu, ada bangunan yang mirip dengan kastil atau instana yang menggunakan desain khas Eropa, salah satunya Kastil Soragan.

Kastil yang merupakan restoran yang bangunannya menjulang tinggi, tempat ini menawarkan pemandangan hijau dari rumput hijau yang berada di halaman.

Castil Soragan Jogja

Lokasi : Jl. Soragan No. 13, Ngestiharjo, Kasihan, Kembang, Bantul


Itulah 10 wisata Jogja yang akan membuat liburan Anda terasa seperti berada di Eropa. Wajib dikunjungi saat Anda sedang berlibur dan main-main ke Jogja.


Foto teaser: GudegNet