Dalam dunia perancangan furnitur, kayu memiliki peranan penting di dalamnya. Menjadi salah satu material utama dalam proses produksinya, kualitas bagus dan jumlah yang banyak dari kayu akan sangat dibutuhkan.


Tiga Furnitur Ini Dirancang Menggunakan Satu Pohon Kayu




Tentu saja dengan banyaknya kayu yang dibutuhkan, makin sedikit pohon sebagai sumber daya alam yang tersedia. Namun studio desain dari Kanada ini mencoba untuk menemukan solusi terkait permasalahan tersebut.


Baca juga: 1 Produk untuk Seribu Fungsi di Seluruh Rumah. Cerdas!


Tiga Furnitur Ini Dirancang Menggunakan Satu Pohon Kayu


Studio desain bernama Odami ini baru saja merancang sebuah koleksi furnitur dengan menggunakan hanya satu pohon saja. Pohon yang digunakan merupakan sebuah pohon oak berumur 130 tahun. Untuk proyek ini, Odami bekerja sama dengan produsen kayu bernama One Wood. Kerja sama tersebut dilandasi tujuan untuk mengeksplorasi kegunaan sebuah pohon.




Tiga Furnitur Ini Dirancang Menggunakan Satu Pohon Kayu


Odami dan One Wood merancang tiga buah jenis furnitur menggunakan tubuh utama dari pohon tua tersebut. Produk yang dihasilkan meliputi sebuah lampu berbentuk prisma, armchair, serta low table dengan tambahan kompartemen kecil di tengahnya. Koleksi ini diberi nama Case Study 01.


Baca juga: Ide Desain Kantor: Cubicle, Open Plan, dan Di Rumah?


Tiga Furnitur Ini Dirancang Menggunakan Satu Pohon Kayu


Pengerjaan furnitur ini menghabiskan waktu sekitar delapan bulan. Saat pertama kali dipotong, material yang dibutuhkan segera masuk proses pengeringan sehingga dapat dibentuk untuk mengakomodasi desain yang diperlukan. Pohon yang digunakan ini berasal dari Ontario, Kanada dengan kondisi yang hampir membusuk namun sisanya berhasil terselamatkan untuk difungsikan sebagai material utama.


Sumber foto: dok. Kurtis Chen / Dezeen