Diadakan setiap 3 tahun sekali, National Gallery of Victoria (NGV) Triennial kembali menampilkan berbagai seni, desain dan arsitektur kontemporer yang memiliki visual memikat. Pameran ini kembali hadir untuk menampilkan karya terbaru dari berbagai seniman dan desainer paling berprestasi di dunia, sekaligus memberikan suara kepada praktisi baru.



coolerinsights

National Gallery of Victoria (NGV) Triennial terletak di 180 St Kilda Rd, Melbourne, Australia. Galeri yang berlokasi di kota Southbank, Melbourne ini merupakan salah satu destinasi wisata utama bagi masyarakat lokal maupun turis asing. Bentuk interior galeri ini kental dengan gaya Modern.




Setiap sudut ruangan di National Gallery of Victoria (NGV) Triennial menampilkan hasil karya dari seniman dan desainer ternama seperti Tony Albert, Stuart Haygrath, Erez Nevi Pana, Rive Roshan hingga Cerith Wyn Evans. Tony Ellwood selaku direktur galeri berbicara mengenai keberhasilan inovatif yang diraih NGV 2017 dalam perannya mempromosikan seni dan desain kontemporer.





Selanjutnya, di NGV Triennial 2020, Tony berencana untuk mempromosikan seni dan desain kontemporer dengan lebih berani dan ambisius serta mengaitkannya dengan isu-isu penting yang mempengaruhi dunia saat ini.





Di dalam galeri nuansa gaya modern sangat terasa dengan desain yang bersih dan sederhana. Interiornya dominan dengan warna monokrom yaitu, putih, hitam dan abu-abu. Warna monokrom secara psikologi memberikan perasaan nyaman, damai dan tenang bagi pengguna.




Kesan modern tidak hanya ditunjukkan pada interior galeri. Suasana dan hasil karya yang ditampilkan juga bisa seolah-olah membawa kita pergi ke masa depan. Hasil karya yang dipamerkan di NGV Triennial kebanyakan berbasis seni kontemporer dengan sedikit sentuhan teknologi sehingga membuat suasana galeri terkesan futuristik.





Sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19, terdapat beberapa protokol kesehatan yang harus diterapkan selama mengunjungi NGV Triennial. Beberapa perbedaan yang cukup kentara adalah himbauan pengunjung untuk menggunakan masker selama berada di area pameran dan jumlah kapasitas pengunjung yang dibatasi. NGV juga mengganti brosur cetak menjadi brosur digital.





Untuk mengantisipasi pengunjung yang tidak dapat berkunjung langsung, NGV menghadirkan pameran secara virtual melalui website resmi. Di dalam website tersebut para pengunjung dapat menguak lebih dalam mengenai berbagai karya yang ada lewat esai dan video yang diterbitkan. Di dalam tur virtual tersebut pengunjung dapat merasakan suasana ruang pameran secara menyeluruh dengan adanya teknologi Virtual Reality (VR).

NGV


Selain protokol kesehatan, hal lain yang harus diingat jika ingin berkunjung ke NGV Triennial adalah memesan tiket masuk terlebih dahulu beberapa hari sebelumnya. Selama masa pandemi ini NGV Triennial memberikan kelonggaran tiket masuk gratis dengan kapasitas pengunjung yang terbatas. Sesuai peraturan dari kepala petugas kesehatan Victoria, pengunjung yang masuk akan diminta untuk memasukkan informasi data dirinya dengan tujuan pelacakan kontak kasus Covid-19.





NGV Triennial dibuat sebagai wadah untuk berbagai seniman dan desainer melakukan kolaborasi internasional sembari memperkuat hubungan antara kota Melbourne dengan komunitas seni global yang lebih luas. Pameran menarik ini akan berlangsung hingga 18 April mendatang dan akan sangat sayang sekali untuk dilewatkan.


Teks dan Sumber Foto Interior Pameran oleh Michelle Marchelline Hidayat / Mahasiswa Universitas Kristen Petra
Editor: Raisa Benaya Ranti, Managing Content CASA Indonesia