Di masa pandemi ini, segala aktivitas dilakukan di rumah saja. Hal ini menyebabkan masyarakat mudah bosan dengan rutinitas sehari-hari. Apakah Anda merasakan hal serupa? Jika iya, Anda dapat mencoba hobi baru yaitu mendesain pot tanaman yang dapat digunakan juga sebagai souvenir untuk orang tua, keluarga, ataupun teman Anda.





Sehingga apabila Anda mulai bosan, Anda dapat menghabiskan waktu luang untuk melukis pot atau juga dapat memelihara tanaman. Berikut ini adalah contoh ide souvenir pot tanaman yang terbuat dari gerabah. Proses pembuatan souvenir pot tanaman cukup mudah, bukan?

Bagi Anda yang mempunyai buah hati, Anda juga dapat mengajak anak Anda berkreasi sekaligus membagikan souvenir ini kepada kerabat dekat Anda atau memakainya sendiri di rumah. Anda dapat memakai pot ini sebagai media hobi baru. Selamat mencoba di rumah!


1. Pot Tanaman yang Romantis

Lucu bukan pot tanaman dengan bentuk menyerupai sepasang kekasih ini? Caranya mudah, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.




Pertama, siapkan dua buah pot tanaman dari gerabah dan cat minyak warna krem, hitam, merah, dan putih, lalu sketsa bentuk baju perempuan dan laki-laki dengan pensil pada gerabah sesuai yang Anda inginkan. Setelah sketsa selesai, Anda bisa memulai melukis sesuai sketsa yang telah dibuat.


2. Pot Tanaman Motif Dedaunan

Pot tanaman dengan motif dedaunan terkesan sejuk di mata, karena daun mengisyaratkan suasana alam. Jika Anda tertarik dengan alam, Anda dapat membuat pot tanaman ini.




Langkah yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan pot tanaman dari gerabah dan juga cat minyak warna krem, coklat, dan hijau, kemudian sketsa bentuk dedaunan yang Anda sukai pada gerabah, lalu lukis berdasarkan sketsa yang Anda telah buat. Mudah bukan?


3. Pot Tanaman Motif Zaman Primitif

Pernahkah Anda melihat film zaman primitif? Iya! Anda dapat membuat pot tanaman bernuansa zaman primitif di rumah Anda. Zaman primitif cenderung dengan warna coklat dengan bentuk yang sederhana. Motif ini cukup mudah dan pembuatannya tidak membutuhkan waktu lama, cocok bagi Anda yang memiliki waktu luang yang terbatas.






Caranya sangat mudah, cukup siapkan pot tanaman dari gerabah beserta cat minyak warna krem dan coklat. Kreasikan motif primitif sesuai dengan selera Anda dengan cara menggambarnya pada gerabah menggunakan pensil, kemudian beri warna dengan cat minyak. Pot tanaman Anda siap digunakan!



Teks dan Sumber Foto oleh Agnes Beatrice (Mahasiswi Jurusan Desain Interior, Universitas Kristen Petra)
Editor: Raisa Benaya Ranti, Managing Content CASA Indonesia