Di areal kompleks Saint James University Hospital, Leeds, Inggris, berdiri Maggie’s Leeds Centre, pusat kesehatan yang memberikan dukungan mental untuk pasien kanker, juga pandangan jika arsitektur bisa membantu pemulihan pasien di dalamnya.

Didesain oleh biro arsitek Inggris, Heatherwick Studio dan rampung pada Juni 2020, pusat kesehatan dengan luas 462 meter persegi ini memang didesain untuk membuat para pasien merasa lebih sehat. Lahan tersebut yang awalnya merupakan taman dengan perbedaan elevasi 6 meter tidak digali, melainkan langsung dibangun agar kondisi alaminya tetap terjaga.







Tiga bangunan dari kayu spruce berisi ruang konseling lalu menjadi struktur utama, berhadap-hadapan secara asimetris dan mengapit ruang serbaguna di tengahnya. Berkolaborasi dengan Blumer-Lehmann, perusahaan yang khusus menciptakan struktur-struktur kompleks berbahan kayu, Heatherwick Studio mendesain rangkaian sirip glulam (glue laminated) yang dipasang di sekitar tiga struktur utama, serupa lamela cendawan guna menopang atap yang luas di atasnya.

Teknik tersebut tidak hanya membuat dinding interior Maggie’s Lee terlihat unik, ruang di dalamnya juga terasa lebih maksimal berkat absennya penggunaan pilar-pilar penunjang. Di ujung atap-atap terluar dari ‘cendawan’ tersebut, diaplikasikan kaca lebar agar cahaya matahari dapat dengan mudah masuk dan menyinari perpustakaan, dapur, dan ruang kebugaran di sekitarnya.






Untuk tahu review lengkapnya dan wawancara eksklusif dengan para desainer dan arsitek, temukan di CASA Indonesia Printed Edition 2021. Buku ini bisa Anda beli secara online melalui WA Business MRA Media dan toko buku terdekat.


Teks oleh: Muhammad Fauzan Aziz
Sumber foto: Hufton + Crow