IKEA akhirnya meluncurkan produk air purifier perdananya yang dinamai FÖRNUFTIG. Gawai baru ini dirancang dengan mempertimbangkan apartemen dan ruang keluarga yang lebih kecil. Dibuat dengan pengaturan konsumsi energi yang rendah, pembersih udara ini menawarkan tiga tingkat perlindungan untuk membersihkan udara. Pada bagian pra-filter mampu menghilangkan partikel yang lebih besar seperti rambut dan debu. Kemudian filter selanjutnya mampu menghalangi partikel yang lebih halus seperti polutan yang tidak diinginkan lainnya hingga ukuran sekecil PM2.5 (2.5um). Terakhir adalah filter untuk pembersih gas, memurnikan udara dari polutan gas seperti senyawa organik yang mudah menguap atau formaldehida. Tidak hanya itu, air purifier ini juga mampu mengurangi bau dari masakan atau merokok. Dengan putaran utama untuk mengatur kecepatan kipas, FÖRNUFTIG sangat mudah digunakan.


“Di IKEA, kami percaya udara dalam ruangan yang bersih seharusnya tidak menjadi barang mewah bagi semua orang, dan itulah mengapa salah satu prioritas utama kami dalam mengembangkan pembersih udara FÖRNUFTIG dengan harga terjangkau untuk alat pembersih udara dan filternya.”, jelas Henrik Telander sebagai Product Owner dari IKEA Swedia. “Saat ini, memilih pembersih udara yang baik sulit untuk dilakukan sebagian orang, terutama mereka yang menghuni rumah cimpact dan tidak terlalu luas. Dengan pemikiran ini, kami mengoptimalkan pembersih udara untuk luasan 32 meter persegi, menggunakan lebih sedikit bahan dengan cara yang lebih cerdas, yang memungkinkan kami menurunkan harga.”

Produk baru ini muncul setelah Survei Udara Bersih yang dilakukan oleh pembuat furnitur pada tahun 2018, yang menemukan bahwa kebanyakan orang hanya mempertimbangkan polusi udara di luar rumah mereka. FÖRNUFTIG berharap untuk mengubah kesalahpahaman ini, dan membawa gaya hidup yang lebih sehat.


Produk IKEA FÖRNUFTIG akan diluncurkan di AS pada 1 April, dengan harga $ 55 USD. Filter untuk polutan gas akan tersedia dengan harga $ 10 USD, sedangkan filter HEPA akan tersedia dengan harga $ 5,50 USD. Kita tunggu kehadirannya di Indonesia!

Foto: dok. IKEA