Ingin mengubah suasana kamar namun tidak ada ide mau seperti apa? Mari coba menggunakan warna tahun 2021 yang telah dilansir oleh Pantone yaitu warna “Ultimate Gray” dan “Illuminating Yellow”. Menurut Pantone, penggabungan dua warna itu dapat memberikan kesan perasaan yang lebih mendalam dengan suasana yang cerah dan ramah.


Tidak salahnya jika warna ini diterapkan pada interior kamar tidur karena dapat memberikan tampilan ruangan lebih cheerful dan tidak monoton. Secara psikologi, pemilihan warna pada ruang kamar tidur dapat mempengaruhi suasana hingga dapat mempengaruhi kenyamanan pengguna. Dilansir Luxdeco, psikologi warna kuning berhubungan dengan kesenangan, optimis, dan energi yang cocok untuk segala usia.





Untuk warna abu-abu dapat menghadirkan suasana atau perasaan tenang. Berikut ada beberapa tips yang dapat dipakai untuk makeover kamar tidur seperti penerapan warna kuning dan abu-abu hingga penambahan dekorasi yang sesuai untuk kamar tidur. Beberapa tips di bawah dapat diaplikasikan untuk merubah nuansa baru pada kamar Anda. Mari awali hari dengan suasana baru agar hari-hari menjadi semakin produktif dan menyenangkan. 


1. Dinding Bertekstur

Warna abu-abu memiliki kesan menyenangkan dan nyaman untuk kamar tidur. Banyak orang menggemari warna ini karena memberikan efek ruang yang terlihat minimalis dan kekinian. Penggunaan warna abu-abu pada dinding dengan adanya penambahan tekstur akan memberikan kesan kamar menjadi lebih hangat, misalnya menggunakan wallpaper.


Tips Makeover Kamar Tidur CASA Indonesia
Chatarina Devita Prasetyo


Dengan adanya tekstur pada dinding dapat menyerap cahaya sehingga membuat kamar menjadi nampak lebih hangat dan nyaman. Pilih motif atau tekstur yang tidak terlalu ramai jika kamar tidur Anda cenderung sempit. 


Tips Makeover Kamar Tidur CASA Indonesia

Wayfair


Selain itu, tekstur pada dinding juga menambahkan nilai estetika pada kamar. Pemberian tekstur tidak perlu yang terlalu tajam cukup dengan teknik kamprot pada dinding akan memberikan efek lebih pada kamar. Kamprot merupakan teknik melapisi dinding dengan adukan plesteran kasar.

Ada juga teknik faux painting yang menggabungkan warna gelap dan terang yang dibuat untuk memberikan kesan bertekstur. Tidak perlu seluruh dinding diberikan tekstur, cukup pada salah satu sisi dinding saja.


2. Kuning Si Vocal Point

Tidak lupa dengan warna kuning yang dapat diaplikasikan pada salah satu sudut dinding yang berguna juga sebagai vocal point dan pembagi area dalam kamar tidur Anda. Contohnya, terapkan pada area meja kerja. Warna ini dapat membangun optimisme dan konsentrasi sehingga sangatlah cocok untuk diterapkan pada area kerja atau area meja belajar.


Tips Makeover Kamar Tidur CASA Indonesia

Chatarina Devita Prasetyo


Selain itu, warna kuning juga dapat diterapkan sebagai aksen berupa aksesori interior maupun detail-detail lainnya. Contohnya blanket maupun bantal boudoir di tempat tidur. Untuk pemakaian warna kuning yang cukup besar, Anda dapat memilih warna tone yang lebih muda atau pastel.


Tips Makeover Kamar Tidur CASA Indonesia

Etsy


Baca Juga, 10 Desain Kamar Tidur Mungil dan Minimalis


3. Dekorasi yang Minimalis

Untuk memberikan kesan personal pada kamar tidur, Anda membutuhkan dekorasi agar ruang tidak terlihat kaku dan lebih hidup. Selain itu, dengan memberikan dekorasi akan tercipta ruangan yang lebih produktif dan baik untuk kondisi mental Anda. Penambahan dekorasi tidak perlu yang terlalu mencolok atau ramai, cukup dengan menambahkan wall decoration yang minimalis.


Tips Makeover Kamar Tidur CASA Indonesia

Etsy


Face line decoration salah satu contohnya, dapat mempercantik kamar tidur tanpa membuatnya terlihat penuh sesak. Dekorasi ini dapat diletakkan sesuai selera, seperti digantung pada dinding, disandarkan di atas meja, ataupun disandarkan di atas lantai.


Tips Makeover Kamar Tidur CASA Indonesia

Nordic Wall Decor


Tidak lupa gunakan perabot minimalis dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Singkirkan barang yang sudah tidak diperlukan karena akan membuat kamar menjadi sesak. 


4. Tanaman dalam Kamar

Menambahkan tanaman hias dalam kamar dapat membuat kamar Anda jadi lebih hidup dan asri. Tanaman hias memiliki banyak jenis dan tipe, Anda bisa memilih antara tanaman hidup atau tanaman kering. Beberapa pilihan tanaman hidup yang cocok untuk kamar dengan perawatan yang cukup mudah, seperti sukulen yang dapat diletakkan dalam bentuk terrarium.


Jenis tanaman yang bisa Anda coba adalah kaktus yang hanya membutuhkan seminggu sekali penyiraman atau bisa juga lidah buaya.


Tips Makeover Kamar Tidur CASA Indonesia



Ikea


Memilih jenis tanaman kering bisa jadi pilihan dekorasi yang sangat cantik dan kekinian. Berbeda dengan tanaman hidup, jenis ini tidak membutuhkan banyak perawatan. Anda cukup membersihkan debu yang menempel menggunakan lap atau kuas.


Tips Makeover Kamar Tidur CASA Indonesia

Etsy


Beberapa jenis bunga kering yang dapat Anda miliki, seperti baby breath yang mudah Anda temukan di florist, pampas yang dapat diletakkan di sudut ruangan, cotton flower atau bunga kapas yang dapat diletakkan pada vas berwarna netral, atau bunga ekor kelinci yang nampak cantik.  


Baca Juga, 16 Ide Dekorasi Kamar Tidur Sederhana Namun Terasa Luas


5. Vas Bunga yang Unik

Vas bunga memiliki banyak desain mulai dari jenis, corak, bahan, hingga ukurannya. Pemilihan vas harus disesuaikan dengan jenis tanaman yang akan diletakkan di dalamnya.


Tips Makeover Kamar Tidur CASA Indonesia

Ikea


Berdasarkan bahan Anda dapat memilih kaca atau keramik. Sedangkan vas berwarna polos atau memiliki dua warna dengan detail simple akan lebih cocok untuk berbagai jenis tanaman.


Tips Makeover Kamar Tidur CASA Indonesia

Ikea


Untuk jenisnya Anda dapat menggunakan vas yang berbentuk bud dengan mulut vas yang mengecil atau vas yang berbentuk silinder. Dengan menambahkan vas bunga pada kamar dapat membuat sisi ruangan menjadi lebih estetik. 


6. Karpet Sebagai Estetika pada Lantai

Karpet yang berguna untuk alas lantai dapat membuat suasana ruangan berbeda, tergantung dengan motif dan warna yang digunakan. Karpet memiliki berbagai jenis bahan dan hal itu mempengaruhi harga dan cara perawatannya. Untuk kamar tidur dapat menggunakan jenis karpet bulu yang berbahan wol atau rasfur. Karpet berwarna abu-abu muda polos cocok untuk segala desain kamar tidur.


Tips Makeover Kamar Tidur CASA Indonesia

Modern Miami


Karpet berbahan wol memiliki harga yang relatif mahal dibandingkan karpet yang berbahan rasfur. Material wol merupakan serat alami sehingga lebih tahan lama dan ramah lingkungan namun cukup sulit dalam perawatannya. Sedangkan untuk material rasfur sangatlah mudah dirawat dan mudah dicuci serta dapat dicuci dengan menggunakan mesin cuci.


Tips Makeover Kamar Tidur CASA Indonesia

Etsy


7. Tambahkan Lampu Tidur

Selain sebagai pelengkap ruangan, lampu tidur juga dapat mempengaruhi suasana dan mood seseorang. Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam memilih lampu tidur adalah pertimbangkan desain dan ukuran yang cocok dengan ruangan Anda.


Tips Makeover Kamar Tidur CASA Indonesia

Ikea


Selain itu, perlu diperhatikan warna lampu yang digunakan. Karena kegunaannya sebagai lampu tidur sangat disarankan untuk memilih warna bohlam kuning redup atau flame 2200 K yang dapat menghilangkan lelah, mencegah depresi, dan menenangkan.


Tips Makeover Kamar Tidur CASA Indonesia

Ikea


Sumber teaser: Dokumentasi Pribadi Chatarina Devita Prasetyo
Teks oleh: Chatarina Devita Prasetyo / Mahasiswa Universitas Petra
Editor: Raisa Benaya Ranti, Managing Content CASA Indonesia