Ruang kreatif untuk mengakomodasi kegiatan berkumpul dan berkolaborasi merupakan salah satu ide yang disematkan atas lahirnya Tanatap Coffee di bilangan Jakarta Barat. Coffee shop ini berlokasi di lantai dasar dari biro arsitektur RAD+ar yang menjadi ekstensi visual dalam menghadirkan konsep bangunan yang sustainable sekaligus memiliki fungsi yang optimal. Fungsi tersebut ditujukan demi mengakomodasi aktivitas sehari-hari dari karyawan yang bekerja dan para pengunjung kafe yang menginginkan suasana berbeda.


Ruang Kreatif Bernuansa Alam di Jakarta Barat





Konsep desain sustainable tersebut diperlihatkan melalui material beton yang mengelilingi bangunan serta pemasangan green roof. Atap tersebut memiliki fungsi untuk mengalirkan air ke tanah dengan debit yang teratur, sekaligus sebagai penampung air hujan untuk menyiram ragam jenis vegetasi tropis, seperti pakis dan pohon pisang yang ada di lingkungan coffee shop.

Fokus menghadirkan konsep sustainable building, kafe ini juga memaksimalkan peran ventilasi eksternal yang dipadukan dengan sistem ventilasi silang. Sistem ventilasi tersebut mampu mengalirkan debit udara sebesar 1 meter per detik. Dengan debit udara yang cukup besar, ruangan coffee shop dapat mendaur sirkulasi secara baik. Penempatan jendela yang besar dan tinggi juga juga berperan untuk menghadirkan pencahayaan natural yang optimal di dalam ruangan.


Ruang Kreatif Bernuansa Alam di Jakarta Barat


Furnitur custom dipilih sebagai solusi dalam menjalankan protokol physical distancing. Salah satunya dapat ditemukan pada area indoor seating berbentuk gundukan labirin yang ditata berjarak. Kehadiran furnitur tersebut memberikan kebebasan untuk tetap menjaga arah duduk para pengunjung untuk saling menatap sejajar dalam jarak aman. Demi menjaga permukaan area seating tetap bersih, epoksi dipilih sebagai finishing permukaan furnitur.

Permainan massa ruang pun dibuat agar pengunjung dapat merasakan pengalaman yang berbeda. Sejak awal masuk, pengunjung dibuat untuk merasakan atmosfer ruang yang padat dan rendah. Permainan ruang tersebut menghadirkan pengalaman bagi para pengunjung untuk merasakan massa bangunan yang terkesan sangat luas dan tanpa batas pada area outdoor-nya.




Ruang Kreatif Bernuansa Alam di Jakarta Barat


Untuk tahu review lengkapnya dan wawancara eksklusif dengan para desainer dan arsitek, temukan di CASA Indonesia Printed Edition 2021. Buku ini bisa Anda beli secara online melalui WA Business MRA Media dan toko buku terdekat.


Foto: dok. Tanatap Coffee