Kawasan Kota Tua Jakarta merupakan salah satu lokasi yang cukup populer untuk menikmati atmosfer kolosal dari Jakarta tempo dulu. Demi memaksimalkan pengalaman fragmentasi dari sejarah kota Jakarta, kehadiran Mercure Jakarta Batavia menjadi pelengkap dalam menghadirkan dimensi lain untuk menjembatani perjalanan Batavia di masa lampau dan Jakarta di masa depan.


Rupa Masa Kini Kota Tua Jakarta





Dari awal, bangunan ini memang telah difungsikan sebagai sebuah hotel sejak tahun 1992 dan sempat beberapa kali berganti nama sebelum bermetamorfosis menjadi Mercure Jakarta Batavia yang pengerjaannya dimulai di tahun 2016.

Berkat kisah historis dan desainnya yang selaras dengan konsep kawasan Kota Tua Jakarta, hotel ini dijadikan cagar budaya oleh pemerintah Indonesia. Bangunan komersial yang bergerak di bidang hospitality ini merupakan karya gubahan dari ETHOSpace, studio desain ternama asal Singapura yang kini hadir di Indonesia.


Rupa Masa Kini Kota Tua Jakarta


Konsep desain baru yang diaplikasikan pada bangunan ini merupakan sebuah upaya memperkenalkan kembali tentang elegansi desain Batavia di masa kolonial. David Christopher Tay, sebagai Principal Designer ETHOSpace, menghadirkan karakteristik kota Jakarta yang beragam dalam rupa permainan warna bold di elemen interior serta tetap mempertahankan ciri khas arsitektur art-deco yang nampak dari fasad hingga interior.


Rupa Masa Kini Kota Tua Jakarta




Untuk tahu review lengkapnya dan wawancara eksklusif dengan para desainer dan arsitek, temukan di CASA Indonesia Printed Edition 2021. Buku ini bisa Anda beli secara online melalui WA Business MRA Media dan toko buku terdekat.