Studio desain asal Tokyo, Jepang bernama Nendo menciptakan Carton + Pump, dispenser sabun ramah lingkungan yang terbuat dari kertas yang dapat didaur ulang. Dispenser ini nantinya dapat ditukar dan diganti dengan yang baru.

Oki Sato sebagai desainer sekaligus arsitek dari Nendo, memimpin penciptaan produk ini dengan tujuan mengurangi 2 masalah.





Eco-Friendly! Dispenser Sabun Ini Mirip Karton Susu CASA Indonesia


Dua masalah tersebut antara lain adalah masalah mengenai kebersihan yang muncul karena pemakaian ulang botol sabun sekaligus masalah mengenai jumlah sampah plastik di dunia.

Produk yang diciptakan oleh Nendo ini terdiri dari dispenser berisi sabun yang terbuat dari karton, pompa dan kotak penutup dari plastik yang reusable.

Karton sabun didesain menyerupai bentuk karton susu yang berwarna putih bersih dengan bentuk kotak yang sederhana.


Eco-Friendly! Dispenser Sabun Ini Mirip Karton Susu CASA Indonesia


Pompa dan kotak penutup dipasang di bagian atas dan bawah karton sehingga karton tidak cepat rusak karena terlalu sering menerima tekanan.

Selain itu, 2 penutup di bagian atas dan bawah ini juga dapat mencegah karton menjadi basah dan berjamur apabila diletakkan di area yang lembab.


Baca juga, 10 Tips Menjaga Kamar Mandi Dari Jamur Membandel!


Sebuah studi menyatakan bahwa dispenser atau botol sabun yang terbuat dari plastik dapat berubah menjadi sarang bakteri apabila digunakan berulang kali.

Karton sabun sekali pakai ini diharapkan dapat mengurangi potensi kontaminasi tersebut.


Eco-Friendly! Dispenser Sabun Ini Mirip Karton Susu CASA Indonesia


Karton ini nantinya dibalik dan dipasang pada kotak penutup yang bertujuan menahan karton agar dapat berdiri tegak. Sedangkan, bagian bawah karton yang datar menjadi tempat dipasangnya pompa.

Posisi karton yang terbalik membuat sabun mengalir ke bagian tengah karton yang lancip. Hal ini menjadi sebuah keuntungan karena pompa akan lebih mudah menangkap sisa-sisa sabun dibandingkan pada botol sabun lain dengan bagian bawah yang datar.




Eco-Friendly! Dispenser Sabun Ini Mirip Karton Susu CASA Indonesia


Karton sabun dari Carton + Pump yang berbentuk kotak membuat penyimpanan menjadi lebih mudah dan rapi dibandingkan dengan dispenser sabun lain yang sudah ada.

Produk ini direncanakan akan hadir di tahun 2022 dalam 2 ukuran, yaitu 250 ml dan 400 ml.


Dilansir dari: Dezeen
Sumber teaser dan foto: Akihiro Yoshida
Teks oleh: Shabrina P. Nisakara