Dibangun di atas lahan seluas 160 meter persegi yang berbatasan dengan lahan yang dipenuhi vegetasi liar, rumah yang dirancang oleh Tamara Wibowo Architects ini memaksimalkan peran dinding batas dan lahan hijau tersebut sebagai sebuah solusi untuk menghadirkan aspek natural ke dalam hunian.


Asrinya Hunian yang Dikelilingi oleh Alam





Berlokasi di Semarang, kehadiran rindangnya pepohonan memberikan nuansa yang sejuk ke dalam rumah yang resmi berdiri di tahun 2020. Dinding perbatasan lahan yang kerap kali dianggap mengganggu, kini difungsikan sebagai elemen menarik sebagai elemen utama dalam penciptaan courtyard.


Asrinya Hunian yang Dikelilingi oleh Alam


Demi menciptakan ruang outdoor yang ternaungi, massa bangunan lantai dua sengaja dirancang floating di atas courtyard. Kenyamanan courtyard pun semakin asri berkat hadirnya ragam jenis pohon di area sekitar. Tidak hanya peran pepohonan yang hampir mengelilingi rumah, sirkulasi udara di dalam rumah juga dijaga baik melalui sistem cross-ventilation yang optimal.


Asrinya Hunian yang Dikelilingi oleh Alam




Sebagai salah satu sentuhan unik, sebuah tangga spiral berdiri tegak pada bagian tengah rumah yang memisahkan antara dapur dan ruang keluarga di lantai dasar. Selain dianggap sebagai sebuah pilar yang menyatukan segala elemen yang tersaji pada desain rumah, tangga ini juga berfungsi untuk mengatur sirkulasi pergerakan penghuni agar lebih leluasa.


Asrinya Hunian yang Dikelilingi oleh Alam


Elemen natural juga hadir pada fasad dari rumah berlanggam tropis ini dengan kehadiran dua buah pohon yang terkesan melayang di depan secondary skin berbentuk kerawang dengan permukaan yang miring ke dalam. Diharapkan visual yang hadir dari treatment fasad tersebut mampu memberikan dinamika serta energi yang lebih hidup ke dalam rumah. Secondary skin tersebut tidak hanya berfungsi untuk menghadirkan privasi, namun juga dapat menjaga suhu kamar tidur agar tetap sejuk.




Untuk tahu review lengkapnya dan wawancara eksklusif dengan para desainer dan arsitek, temukan di CASA Indonesia Printed Edition 2021. Buku ini bisa Anda beli secara online melalui WA Business MRA Media dan toko buku terdekat.


Foto: dok. William Sutanto - Arti Pictures