Seiring dengan meningkatnya populasi manusia dan makin terbatasnya lahan, taman menjadi lebih compact, privat, namun tetap berfungsi sebagai sarana relaksasi, juga penunjang estetika dari hunian yang ada di sekitarnya. CASA Indonesia menyajikan tips mendesain taman minimalis yang cocok untuk hunian Anda.





Jenis Taman



Asa Living


1. Taman basah sangat sesuai untuk penghuni yang suka berkebun di area yang relatif luas. Area luas membuat kegiatan menyiram tanaman menjadi leluasa. Jenis taman tersebut bisa diaplikasikan di lahan tanpa atap agar tanaman juga mendapatkan asupan air hujan yang maksimal.

2. Taman kering sebaliknya sesuai untuk rumah dengan area lahan minimalis. Taman ini sangat cocok bersanding langsung dengan area keluarga karena bisa langsung dinikmati dari dalam hunian. Gunakan batu kerikil putih sebagai aksen pada permukaan tanah dan tempatkan tanaman di pot agar lebih mudah ketika disiram.


Tips Tambahan



Homepiness


Untuk penghuni yang tidak terlalu menginginkan banyak tanaman, taman juga bisa dialihfungsikan sebagai ruang rekreasi. Jangan ragu untuk menambahkan fitur-fitur yang membuat kegiatan di taman menjadi lebih nyaman, seperti bangku do-it-yourself dari bata dan kayu. Atau juga alas rumput sintetik sebagai tempat berolahraga.




Tips Memilih Tanaman



Rosa Puspasari


3. Perhatikan jenis taman. Taman basah yang tidak memiliki atap sebaiknya diisi oleh tanaman berdaun tebal seperti tanaman kadaka dan kuping gajah. Hal tersebut dikarenakan semakin tebal daun, semakin kuat tanaman tersebut bertahan dari sengatan matahari.

4. Perhatikan lingkungan sekitar. Rumah tanpa pagar atau tembok tinggi sebaiknya menghindari tanaman-tanaman hias tinggi seperti ketapang biola atau cemara lilin agar tidak terkesan intimidatif. Sebaiknya gunakan tanaman hias pendek dan penuh warna seperti rembosa mini dan mirten.

5. Perhatikan pohon peneduh yang akan ditanam di area taman. Pasalnya beberapa pohon memiliki akar kuat yang dapat merusak fondasi rumah. Pilih pohon peneduh dengan akar baik seperti pohon kersen dan pohon pucuk merah.

6. Bagi yang area tamannya kecil dan tidak memiliki banyak waktu, pilih tanaman yang perawatannya mudah seperti sirih gading dan lidah mertua.

Untuk tahu review lengkapnya dan wawancara eksklusif dengan para desainer dan arsitek, temukan di CASA Indonesia Printed Edition 2021. Buku ini bisa Anda beli secara online melalui WA Business MRA Media dan toko buku terdekat.


Teks oleh: Muhammad Fauzan Aziz
Teaser: Dok. Rosa Puspasari