Masa pandemi bukan berarti membatasi kreativitas dunia mode Indonesia. Justru dengan situasi seperti ini para insan kreatif kian giat menciptakan dobrakan menarik demi mendukung para brand lokal asal Indonesia dalam menyuguhkan karya orisinal dalam dunia fashion. Seperti halnya online fashion festival yang diusung oleh ANFA dan JD.ID.


Harper’s Bazaar Asia Newgen Fashion Award (ANFA) merupakan kompetisi yang digagas oleh majalah Harper’s Bazaar di Kawasan Asia Tenggara (Thailand, Indonesia, Malaysia dan Singapura), dengan tujuan untuk menemukan dan mewadahi desainer-desainer muda berbakat di negara masing-masing agar nantinya dapat mewarnai panggung fashion secara global.






Kompetisi ini digelar secara rutin sejak tahun 2013 dan telah menerima antusiasme yang besar dari para desainer muda di Indonesia. ANFA Indonesia senantiasa mengundang tokoh- tokoh fashion Indonesia, sebagai dewan juri setiap tahunnya. Selain Editor in Chief Harper’s Bazaar Indonesia, tim juri selalu terdiri dari desainer fashion ternama serta representasi dari institusi fashion lainnya, seperti retail, marketplace dan produsen tekstil.


Di Indonesia, ANFA telah melahirkan sejumlah nama besar di industri fashion, seperti Peggy Hartanto dan Sheila Agatha Wijaya (Sean & Sheila) di tahun 2013, Cynthia Fransisca dan Audrey Chairunissa di tahun 2015, William Utama (pemenang Grand Final ANFA 2016) dan Wilsen Willim di tahun 2016, Michelle Kristiani Tjong (runner-up Grand Final ANFA 2017) dan Alifia Maqnuun di tahun 2017, Andandika Surasetja (runner-up Grand Final ANFA 2018) dan Frederika Cynthia Dewi di tahun 2018, hingga Kelly Vallerie (pemenang Grand Final ANFA 2019) dan Dea Yuliana di tahun 2019.



Dua Wear


Baca juga, Fashion Show ANFA 2020 Digelar Berupa Visual Motion


Tahun ini ANFA akan kolaborasi dengan e-commerce JD.ID dengan maksud menyampaikan misi yang selaras untuk industri mode Indonesia. Mengusung kampanye #Dijaminori guna mendukung dan menghargai hasil karya para insan kreatif, termasuk desainer dengan hanya memasarkan produk orisinal rancangan desainer Indonesia, dan bukan produk tiruan. Selain sebagai partner yang memiliki misi yang sama dan bentuk dukungan kepada desainer muda Indonesia, Harper's Bazaar Indonesia dengan JD.ID menggelar acara yang akan diikuti oleh sejumlah pemenang dan finalis ANFA termasuk pemenang ANFA tahun lalu lewat program ANFA Online Festival yang akan diselenggarakan pada 1- 18 April 2021 di JD.ID Fashion.


Beberapa koleksi desainer pemenang ANFA 2020 yang akan muncul pada ANFA Online Festival adalah Tanah Le Sae by Denniel Richard, SEVELYNA by Stefani Evelyn, dan AB by Alyza Bachmid .





Turut bergabung juga para ANFA Alumni dalam acara ini yaitu : EUREKA by Frederika Cynthia Dewi (ANFA 2018), MORAL by Andandika Surasetja (Runner Up Grand Final ANFA 2018), Wilsem Wilim (ANFA 2016), Head in the Ouddtr Space by Alifia Maqnuun (ANFA 2017), Kelly Vallerie (Pemenang Grand Final ANFA 2019), Dua Wear by Dea Yuliana (ANFA 2019). 


Studio Moral


Baca juga, Kelly Vallerie dari Indonesia jadi Juara ANFA 2019


ANFA akan meneruskan visi untuk memberikan tempat bagi para desainer muda untuk berprestasi di dunia fashion. ANFA akan terus menjadi ajang untuk menemukan dan mewadahi desainer-desainer muda berbakat di negara peserta masing-masing. ANFA Indonesia sendiri, akan terus menggusung misi, 'melahirkan' dan membawa industri kreatif Indonesia ke dunia Internasional. 



Foto teaser: Eureka / ANFA