Di tahun 2021 ini, interior gaya Mid Century semakin menjadi primadona di kalangan desain interior. Bagaimana tidak? Gaya desain yang sudah ada dan populer sejak abad ke-20 memiliki banyak alasan untuk tetap digunakan. Salah satunya adalah sentuhan garis dengan gaya modern yang dapat memberikan sentuhan indah pada furniturnya. Selain itu, interior rumah ala Mid Century juga menggunakan berbagai jenis material yang membuatnya memiliki kesan vintage.


Mid-century modern merupakan gaya desain yang sudah ada sejak lama serta terus berkembang dan dimodifikasi hingga saat ini. Gaya desain ini memiliki karakter yang dipengaruhi oleh bentuk organik dan garis yang rapi. Ornamennya cenderung minim dan banyak mengeksplorasi penggabungan material tradisional dan non tradisional. 





Buat Anda yang tertarik mengubah dan ingin menggunakan desain rumah ala Mid Century Modern, ada baiknya kita mengetahui dulu apa itu gaya Mid-century modern dan apa karakteristiknya? Yuk, disimak penjelasannya berikut tips and trik bagaimana membuat ruang terlihat Mid-century modern.


1. Warna khas Mid Century yang Elegan

Warna khas gaya ini adalah gabungan warna netral dan kontras yang dapat memberikan aksen yang unik. Jika tidak ingin terlalu terkesan tradisional, Anda dapat menggunakan warna kuning mustard atau hijau lumut sebagai aksen utama untuk menegaskan gaya Mid-century modern. Kedua pilihan warna ini tepat dan serasi akan membuat desain lebih menampilkan kesan nyaman.


5 Tips Mendesain Interior Rumah Gaya Mid-Century Modern CASA Indonesia

The Expert


2. Furnitur dengan pola yang unik

Kunci dalam memilih furnitur gaya Mid Century adalah penggunaan warna yang kontras pada beberapa sudut dengan pola grafik dan garis yang bersih. Jika tidak ingin sofa yang memiliki terlalu banyak pola, bisa mengganti dengan alternatif lain seperti menggunakan bantalan sofa yang memiliki pola misalnya sehingga tetap mendapatkan gaya desain Mid-century modern.


Baca juga, Coba Sendiri! Ini Tips Mendekorasi Interior Secara DIY


5 Tips Mendesain Interior Rumah Gaya Mid-Century Modern CASA Indonesia

Studio Mellone


3. Dekorasi sebagai aksen ruang

Salah satu karakteristik gaya Mid century modern adalah harus memiliki sentuhan seni di setiap ruangannya. Berukuran besar dan mencolok sebagai fokus utama pada ruangan tersebut. Dengan menggunakan kap lampu gantung dan lampu atau menggunakan bingkai cermin akan memberikan kesan elegan pada rumah.


5 Tips Mendesain Interior Rumah Gaya Mid-Century Modern CASA Indonesia

Monica Fried Design


4. Lampu gantung minimalis untuk manambah suasana vintage

Vocal, eye catching, dan kreatif adalah salah satu trik memilih model lampu agar memberikan kesan dinamis dan menarik. Elemen pencahayaan di gaya ini cenderung menggunakan lampu gantung sebagai pengganti dari lampu downlight untuk menambah kesan vintage pada ruangan.


Baca juga, Buat Fasad Rumah Gaya Modern? Ini Pendapat dari Ahlinya


Tak hanya lampu gantung, lampu lantai atau lampu meja banyak menjadi elemen interior pelengkap demi keindahan ruangan di setipa sudut. 




5 Tips Mendesain Interior Rumah Gaya Mid-Century Modern CASA Indonesia

Lemieux Et Cie


5. Aksesori khas Mid Century

Terakhir, tips untuk desain mid-century modern ini adalah minimal terdapat aksesori vintage di tempat tertentu, seperti coffee table. Selain itu, kamu bisa menggunakan tanaman yang dapat memberikan sebuah karakter dan karisma pada suasana ruangan tersebut.


5 Tips Mendesain Interior Rumah Gaya Mid-Century Modern CASA Indonesia

Laura Fulmine


Itulah beberapa informasi mengenai tips mendesain interior rumah dengan gaya Mid-century modern yang dapat diaplikasikan. Semoga berbagai informasi di atas dapat membantu Anda mendapatkan inspirasi dan trik-trik untuk mulai menggunakan desain ini sebagai dekorasi interior rumah. Semoga bermanfaat!


Sumber teaser: Dezest Design
Teks oleh: Nathasya Sinatra  (Mahasiswi Jurusan Desain Interior, Universitas Kristen Petra)