Kini, penggunaan batu alam untuk interior dan eksterior menjadi salah satu pertimbangan dalam mendesain sebuah rumah. Dalam desain interior modern, batu alam kerap digunakan pada lantai, dinding, atau ornamen pilar rumah yang dapat memberikan kesan cantik dan mewah. 


Batu alam memiliki berbagai jenis, warna dan bentuk yang dapat Anda sesuaikan dengan konsep desain rumah Anda. Nah, jika Anda tertarik untuk mengaplikasikan batu alam di rumah, berikut ini CASA Indonesia akan menjabarkan beberapa jenis batu alam yang cocok diaplikasikan di rumah. Simak!





Batu Alam Granit

Jenis batu alam

(International Granite & Stone)


Jenis batu alam granit adalah salah satu jenis batu alam favorit untuk hunian, karena karakternya yang kuat dan tahan terhadap berbagai cuaca. Karena alasan inilah, batu alam granit dapat diaplikasikan pada dinding dan lantai. Bahkan, batu alam granit juga dapat digunakan sebagai permukaan di dapur, seperti di work stations dan countertops, karena ketahanan batu ini terhadap suhu tinggi, kelembapan, dan goresan dinilai cukup baik. Granite tiles juga dapat digunakan sebagai panel dinding dan lantai di kamar mandi atau ruang keluarga untuk menciptakan kesan ruangan yang elegan dan high-lustre.  


Dalam arsitektur, batu alam granit digunakan untuk menghasilkan tampilan yang elegan. Coklat, merah muda dan hitam adalah tiga dari banyak warna batu alam granit yang paling populer.


Batu Alam Marmer (Marble)

Jenis batu alam

(@cosentino.asia / Instagram)


Jenis batu alam yang satu ini pasti tidak asing buat Anda? Ya, batu alam marmer (marble) juga menjadi salah satu jenis batu alam favorit untuk hunian. Umumnya, batu alam ini sering digunakan di dalam ruangan sebagai dinding, lantai, meja makan, dan meja dapur. Batu alam marmer dapat memberikan kesan ruangan yang mewah, karena tekstur dan polanya. 


Marmer tersedia dalam beragam warna dan pola, mulai dari coklat hingga merah muda, ungu dan abu-abu, coklat, dan dalam warna campuran. Karakter marmer yang dingin mampu membuat ruangan menjadi lebih sejuk dan dingin, ketika suhu di luar ruangan sedang panas. Meskipun begitu, jenis batu alam ini dikenal sensitif terhadap perubahan cuaca, sehingga hindari penggunaan jenis batu alam ini untuk eksterior rumah atau area outdoor yang sering terkena panas secara langsung dan hujan. 


Batu Alam Andesit

jenis batu alam

(Ini Vie Villa / Bali Private Luxury Villas)


Apakah Anda memiliki konsep rumah minimalis? Jika iya, Anda bisa mempertimbangkan penggunaan batu alam andesit untuk memperkuat konsep hunian minimalis. Anda bisa mengaplikasikan jenis batu alam ini untuk dinding atau lantai bagian luar rumah (eksterior). 


Struktur batu alam andesit dikenal keras, inilah yang membuatnya menjadi lebih tahan lama dibandingkan dengan jenis batu alam lainnya. Selain itu, motifnya yang unik dan indah dapat menghadirkan kesan natural dan sejuk pada rumah Anda. 


Batu Alam Sandstone

Jenis batu alam

(Desain: @kyalandkara Photo: @gracepicot)




Tak hanya batu alam andesit, jenis batu alam sandstone juga dapat menjadi pertimbangkan untuk memperkuat konsep hunian minimalis Anda. 


Jenis batu alam ini biasanya lebih sering digunakan untuk area luar rumah, seperti di taman. Ini karena, batu alam sandstone dikenal memiliki karakteristik yang kuat, anti slip, dan daya tahan yang baik, sehingga sangat cocok ditempatkan di area yang sering terkena air, seperti di taman rumah dan kolam. Meskipun demikian, Anda tetap bisa mengaplikasikan batu alam sandstone ini untuk penggunaan dalam ruangan, sebagai pelapis dinding.


Perawatan batu alam ini terbilang sangat rendah dan dapat dibersihkan dengan mudah hanya menggunakan air. Batu alam sandstone tersedia dalam beragam warna, mulai dari warna putih hingga krem kekuningan. 


Batu Alam Hitam

jenis batu alam

(Tile Giant)


Jenis batu alam hitam sangat cocok diaplikasikan untuk interior maupun eksterior rumah dan dapat dipadukan dengan furniture minimalis warna apapun. Anda dapat mengaplikasikan batu alam hitam sebagai lantai atau dinding rumah, karena sifatnya yang keras dan tahan goresan. Selain itu, warna hitam dari batu alam ini akan menghadirkan kesan elegan dan mewah pada rumah Anda. 


Batu Alam Sabak

jenis batu alam

(@stone_style__ / Instagram)


Batu alam sabak atau biasa disebut dengan batu kali merupakan jenis batuan kuat. Batu sabak dapat dibelah menjadi lempengan tipis untuk digunakan sebagai pelapis dinding maupun lantai.


Umumnya, batu alam sabak lebih banyak digunakan untuk bagian luar rumah, misalnya untuk dinding luar rumah, pilar, taman kering dan kolam. Terdapat beragam warna yang dapat Anda pilih, mulai dari warna coklat, hitam, abu-abu, hingga ungu. Batu alam sabak memiliki kemampuan daya tahan yang baik, terutama pada cuaca dingin.


Itulah beberapa jenis batu alam yang dapat Anda aplikasikan pada rumah Anda. Mana, yang menjadi pilihan Anda? 


(Teaser: Foto: Dok. Felix Forest (@felix_forestDesain Interior: Decus Interiors (@decus_interiors))