Ingin mempunyai nuansa dapur yang berbeda? Selain menggunakan cat dinding secara langsung, keramik dinding merupakan salah satu alternatif pilihan yang tepat bagi Anda. Tetapi, memilih keramik dinding tidak bisa asal pilih saja, tetap harus menyesuaikan fungsi bagi dapur Anda tersebut.

Berikut ini beberapa tips untuk memilih keramik dinding di dapur Anda!





1. Sesuaikan dengan desain dapur

Tentunya jika ingin memilih keramik dinding untuk dapur. Anda harus menyesuaikan dengan konsep rumah. Sesuaikan dengan tema dapur Anda, sebelum mencari corak keramik yang kalian inginkan. 


IKEA


Baca juga, 6 Tips Memilih Wallpaper dan Cat Dinding Interior Rumah

2. Sesuaikan ukuran ruang

Sebelum membeli, pastikan anda mengukur ruangan dapur terlebih dahulu. Agar pas untuk memasang keramik dinding di dapur Anda.


IKEA


3. Sesuaikan budget

Hal yang musti Anda pertimbangkan sebelum membeli keramik dinding dapur adalah Anda harus menyesuaikan dengan budget dikantong. Hal itu yang harus dipastikan sebelum membelinya, agar cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda.


Equipe, Evolution / Archiproducts


4. Sesuaikan gaya dinding keramik

Dinding keramik yang dipajang bisa menegaskan interior dan gaya dari pemilik rumah. Anda sebenarnya bebas untuk memilih motif apa yang ingin dipakai, tetapi biasanya keramik dapur yang dipilih mengikuti gaya rumah.

 

Equipe Ceramicas, Magma / Archiproducts


Baca juga, 25 Desain Dapur Cantik yang Bisa Anda Tiru dengan Mudah


5. Cari yang tahan uap dan tahan panas

Diletakkan di dapur, itu membuat keramik dinding harus memiliki tingkat ketahanan yang tinggi. Keramik dinding sangat berpotensi untuk terkena cipratan minyak atau air panas, oleh karena itu diharapkan Anda mencari dengan ketahanan yang sangat kuat.




Equipe Ceramicas, Splendours / Archiproducts


6. Pilihlah bahan baku yang tepat

Bagus belum tentu baik. Itu yang harus Anda cermati sebelum membeli, terlihat bagus kokoh dari luar, tetapi memiliki bahan baku yang tidak baik, seperti kropos. Jadi, Anda harus tetap waspada sebelum memilih.


Equipe Ceramicas, Micro / Archiproducts


7. Pilihlah permukaan lantai

Saat memilih keramik Anda perlu mengetahui juga tipe permukaan lantai yang nanti nya diaplikasikan agar memudahkan disaat Anda bersih-bersih.


Herringbone Pattern / mercurymosaics


Baca juga, 7 Tips Hemat Memperbaiki Dapur Lama Menjadi Baru


8. Cari yang bergaransi

Saat Anda menentukan keramik dapur pilihan, jangan lupa lontarkan pertanyaan “Apakah keramik ini bergaransi?” ke penjualnya. Karena, keramik nantinya akan dikirimkan dalam kemasan dus, susah untuk memastikan kondisi baik sebelum kita membelinya. Jadi, jika bergaransi itu memudahkan kita untuk mengembalikannya jika tidak sesuai.


Equipe Ceramicas, Scale / Archiproducts


9. Sesuai Kebutuhan Anda

Selain itu, membeli sesuatu harus sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda memang gemar menggunakan dapur untuk memasak maka kalian harus memilih keramik dinding yang mudah untuk dibersihkan, tentunya dengan mempertimbangkan permukaan serta bahan bakunya.


AGEBRICK, ITT Ceramic / Archiproducts

Foto teaser: Scandolo Mobili / Archiproducts