Parade kolaborasi antar lini busana streetwear tengah bergaung, bahkan kini merambah hingga industri interior. Salah satu yang cukup mencuri perhatian adalah kolaborasi antara IKEA dan Virgil Abloh, Direktur Kreatif Off-White.

Meski kabar tersebut telah mencuat ke publik sejak Juni 2017 lalu, baik IKEA maupun Virgil Abloh belum secara gamblang menjelaskan keseluruhan koleksinya.

Hingga pada bulan Oktober yang lalu, muncullah unggahan sebuah prototype tas FRAKTA yang menjadi sneak-peak rancangan Virgil bagi IKEA. Virgil terlihat tengah menyelesaikan detail demi detail di workshop IKEA yang berlokasi di Älmhult.




Selang beberapa bulan lamanya, IKEA kembali menampilkan rancangan Virgil, namun kali ini melalui live streaming pada YouTube. Setidaknya sebuah kursi dan kabinet bermaterial kayu serta dua karpet Persia dalam koleksi bertajuk Markerad menjadi infusi baru bagi interior rumah Anda ke depannya, dan disinyalir, koleksi kolaboratif ini akan sukses meraup atensi kaum milenial berkat nuansa youthful sekaligus artistik yang dihadirkan.




Varian karpet muncul dalam look beragam, mulai dari motif paisley hingga palet merah dan biru vibran yang sama-sama disisipkan quote khas label pribadinya, Off-White.

Sementara itu, dua furnitur bermaterial kayu turut ambil bagian. Pertama, sebuah kursi yang disematkan doorstop berwarna merah di salah satu kakinya, menciptakan nuansa artistik yang sekejap mencuri pandangan.

Hadirnya doorstop tersebut terinspirasi dari roda pesawat terbang yang disematkan pemberat ketika mendarat.





Berikutnya adalah sebuah kabinet kaca dengan framing dari kayu yang sengaja dibuat bagi para milenial yang juga pengoleksi sneakers.

Markerad  sendiri diambil dari bahasa Swedia yang memiliki arti jelas dan tegas, yang dituangkan lewat perspektif seorang Virgil Abloh dengan gaya desain yang unik serta modern.




Foto: Twitter @thbigbingtheory @knotoryus dezeen.com