Memiliki sifat yang mampu merefleksikan apapun di hadapannya membuat kehadiran cermin di dalam rumah menjadi sangat penting.

Bukan hanya untuk menampilkan diri sendiri di kala menentukan pilihan busana, namun penempatan cermin adalah trik jitu untuk mengelabui area ruangan yang sempit menjadi lebih lapang.




Master Dressing by Vincent Van Duysen/Molteni&C

Selain itu, jika menempatkan cermin secara tepat, maka pantulannya akan menciptakan cahaya yang lebih di dalam ruangan. Apakah Anda salah satu yang juga mengaplikasikan trik serupa?

Namun, jika masih bertanya-tanya bagaimana dan di mana harus menempatkan cermin, maka Anda patut mengikuti beberapa tips berikut ini:


1. Cermin besar di ruangan yang cukup kecil semisal kamar tidur.


Rumah Alam Sutera/ Joke Roos/ Chris Bunjamin/ MOIE

Hal tersebut mampu menciptakan kesan lapang, namun perhatikan detail pada cermin. Hindari bingkai cermin yang terlalu besar dan penuh detail ukiran, misalnya. Karena hal ini malah membuat ruangan terasa semakin sempit.


2. Ragam cermin pada satu dinding layaknya galeri cermin. Pastikan ukurannya tidak terlalu besar dan sah-sah saja jika tiap cermin punya detail unik. Trik demikian menghadirkan suasana artistik dan menciptakan statement kuat di dalam rumah Anda.


hadleycourt.com

Disarankan untuk meletakkan cermin maksimal 30 cm dari batas teratas tinggi manusia dan jangan mendekati ceiling ruangan. Jika meletakkan cermin terlalu tinggi, maka cermin tersebut hanya akan memantulkan cahaya lampu saja dan mengurangi esensinya.

Namun bila ingin memberikan dimensi ruang yang lebih lapang, meletakkan cermin di seluruh dinding adalah trik yang paling baik.




3. Perbaikan instan di kamar mandi dengan mengganti cermin kecil menjadi lebih besar, atau menjadikan cermin sebagai pengganti dinding.

Luv series by Cecilie Manz / Duravit

Sesuaikan juga model serta ukuran cermin kamar mandi Anda dengan desain sanitasi yang ada, seperti bathtub, wastafel, kabinet, dan lainnya.

Kamar mandi yang semula hanya mendapat perhatian minim pun patut dirancang dengan sepenuh hati.


4. Jika Anda memiliki dapur terbuka, pemanfaatan cermin akan membantu Anda berbicara dan melihat orang lain di ruang makan, atau ruang tamu sambil memasak tanpa perlu berhadapan langsung dengan lawan bicara.

Cermin dapat diaplikasikan sebagai pengganti keramik dinding atau hiasan pada lemari penyimpan. Kehadiran cermin juga akan membuat pencahayaan dapur menjadi lebih baik.

5. Jangan letakkan cermin persis berhadapan dengan pintu rumah Anda.


The Windsor/Alex Bayusaputro, Genius Loci/ MOIE

Percaya atau tidak, menurut mitologi desain kuno Tiongkok, cermin akan memantulkan energi positif kembali ke luar rumah, sehingga tidak menciptakan energi positif di dalam rumah. Cukup tempatkan cermin lebih dalam di ruangan, misalnya di ruang keluarga.

6. Hindari menghiasi langit-langit kamar tidur dengan cermin, meski akan memberikan infusi modern dan estetis dengan interior. Namun, sewaktu-waktu cermin ini akan membahayakan Anda jika saja jatuh.


Radisson Collection Strand Hotel/Fritz Hansen


Foto: Daniel Farmer/IKEA (teaser)