Mata dunia hari ini tertuju pada Inggris yang tengah berpesta menyambut pernikahan agung Pangeran Harry dan Meghan Markle. Warga dari seluruh penjuru dunia mulai berdatangan untuk menyaksikan iring-iringan kereta Ascot Landau yang membawa kedua mempelai usai pemberkatan pernikahan di kapel St. George menuju St. George’s Hall.

Setidaknya ada tiga tempat bersejarah yang akan menjadi saksi royal wedding yang paling dinantikan tahun ini yaitu Kapel St. George, kemudian tempat resepsi jamuan santap siang di St. George’ Hall, dan tempat penyelenggaraan resepsi malam di Frogmore House.

CASA Indonesia mengupas latar belakang tempat bersejarah tersebut dan gaya arsitektur yang sarat akan nuansa klasik khas Kerajaan Inggris.




Kapel St. George

Kapel ini telah menjadi perjalanan hidup keluarga Kerajaan Inggris seperti pernikahan kedua Pangeran Charles dan Camila Parker Bowles tahun 2008 silam. Usia Kapel St. George sendiri terbilang sangat tua sejak dibangun oleh Raja Edward III tahun 1348. Lokasi Kapel St. George berada di dalam lingkungan Kastil Windsor yang didirikan oleh William The Conqueror tahun 1070. Adapun pembangunan kompleks Kastil Windsor ini dipilih karena lokasinya yang strategis, hanya berjarak sekitar 44 km dari London, berdekatan dengan Sungai Thames sebagai nadi transportasi air, dan dekat lokasi perburuan di era zaman Saxon. Hingga kini, Kastil Windsor masih digunakan oleh Ratu Elizabeth II sebagai rumah akhir pekan.

Foto dok. cnn.com

St. George’s Hall

Masih berada di kompleks Kastil Windsor, St. George’s Hall menyimpan keunikan tersendiri yaitu lantai mozaik yang disusun dari 30.000 keramik Minton. Pada hari-hari biasa, mozaik yang merupakan mahakarya arsitek Robert Cockerell tersebut ditutup oleh papan kayu untuk melindunginga dari kerusakan. Gubahan mozaik itu hanya dibuka setahun sekali pada musim panas dan menarik sekitar 100.000 wisatawan setiap tahunnya. St. George’s Hall juga diklaim sebagai bangunan dengan arsitektur neo-Grecian terbaik di era modern yang dirancang oleh arsitek Harvey Lonsdale Elmes pada tahun 1839. Selain mozaik dari keramik Minton, di dalam St. George’s Hall juga terdapat sebuah organ pipa yang dibangun oleh Henry Willis tahun 1855.



Foto dok. liverpoolecho.co.uk

Frogmore House

Istana bersahaja yang berjarak setengah mil dari kompleks Kastil Windsor ini akan menjadi saksi perhelatan resepsi pasangan Pangeran Harry dan Meghan Markel di malam hari. Menurut beberapa sumber berita, sekitar 100 tamu undangan yang terdiri dari kalangan sahabat kedua mempelai akan menghabiskan malam bahagia di Frogmore House. Dibangun tahun 1680 atas prakarsa Raja Charles II, Frogmore House dirancang oleh arsitek Hugh May. Rumah tersebut dinamai Frogmore karena suara katak yang seelalu meramaikan suasana malam dari danau kecil dan rawa-rawa di sekitarnya. Pada tahun 1790-an, Ratu Charlotte, istri dari Raja George III memerintahkan arsitek James Wyatt untuk merombak dan memperluas Frogmore House. Sampai saat ini Frogmore House tetap digunakan sebagai rumah untuk bersantai atau berbulan madu bagi keluarga kerajaan.

Foto dok. royal.uk