Istituto Marangoni sudah menelurkan desainer-desainer mumpuni di bidang desain, fashion, dan seni kurang lebih selama delapan dekade dan masih terus berlanjut hingga saat ini sejak berdiri tahun 1935 di Milan, Italia. Dengan kontribusi yang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, sejak tahun 2013 pameran CASA Indonesia telah bekerja sama dengan Istituto Marangoni Information Centre Indonesia.


Perwakilan Istituto Marangoni, Dario Cattaneo bersama Roland Adam dan Lisa Malonda di CASA Talk 2013

Oleh karena itu, keterlibatan pihak Istituto Marangoni sebagai juri CASA Design Challenge (CDC) yang dimulai di tahun 2013 hingga gelaran CASA Indonesia tahun 2017 lalu, memberikan kesempatan bagi tiap pemenang Best of the Best CDC untuk mengikuti short course di Istituto Marangoni Milan.




Sementara, di tubuh institusi Marangoni pun terus dilakukan pengembangan seperti pada tahun tahun 2014, Giulio Cappellini dipercaya untuk menjadi Art Director bagi School of Design Istituto Marangoni.


Elena Porqueddu dalam talkshow Transforming Space Through The Light di CASA Indonesia 2014

Oleh karena itu, pada penyelenggaraan CASA Indonesia 2014, perwakilan Istituto Marangoni yaitu Elena Porqueddu, dosen Architectural Design dan Project Development hadir untuk berbincang mengenai pengaruh Istituto Marangoni di Asia dalam sesi CASA Talk berjudul Transforming Space Through The Light dan mendirikan information booth bagi pengunjung yang berminat untuk mengetahui Istituto Marangoni secara lebih detail.


Elisa Caponera dari Istituto Marangoni, Giulio Cappellini, Miranti M. Lemy dan Lisa Malonda

CASA Indonesia 2015 menjadi lebih spesial dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan Giulio Cappellini datang secara pribadi sebagai juri CASA Design Challenge 2015 dan dan menjadi tamu pembicara dalam seminar CASA Academy. Istituto Marangoni juga memperindah booth-nya dengan memamerkan furnitur koleksi Cappellini, Karsa, dan Ambiente.


Booth Istituto Marangoni di CASA Indonesia 2015

Di tahun 2016, CASA Indonesia melakukan kunjungan balasan dan memenuhi undangan Istituto Marangoni ke Milan, Italia. Selama kunjungan ke Marangoni, tim CASA Indonesia banyak berbincang mengenai perkembangan desain di Indonesia dan material asal Indonesia yang dapat menjadi tren di industri desain seperti furnitur.


Presentasi Istituto Marangoni di Rado Star Prize

CASA Indonesia juga diberi kesempatan untuk menyambangi ajang Milan Design Week 2016 untuk melihat hasil karya-karya anak didik Istituto Marangoni dan menyambangi Rado Star Prize untuk menyimak perkembangan dunia perancangan menurut Istituto Marangoni.




Salah satu ruang kelas Istituto Marangoni

Partisipasi Istituto Marangoni di Milan Design Week 2016 dapat dikatakan signifikan. Hal tersebut disebabkan kolaborasi dengan sejumlah perusahaan internasional. Dukungan dari Cappellini pun nyatanya menjadi pendorong prestasi siswa-siswanya untuk selalu menghasilkan karya-karya terbaik di bidang desain.

Pada tahun 2017, setelah sukses membuka cabang barunya di Mumbai, India. Istituto Marangoni kembali hadir di pameran CASA Indonesia 2017.


Booth Istituto Marangoni di CASA Indonesia 2017

Kembalinya Istituto Marangoni membuktikan bahwa mereka adalah salah satu institusi seni dan desain terbesar di dunia yang sangat spesial di setiap kehadirannya. Eksistensi Istituto Marangoni yang sangat diperhitungkan di dunia desain dapat tercapai berkat bantuan para staf pengajar berkompeten di level internasional dan mampu menginspirasi para siswa-siswanya.

Saat ini, Giulio Cappellini telah didaulat sebagai duta besar Istituto Marangoni secara internasional dan siap membawa wawasan baru bagi tren desain dunia di CASA Indonesia 2018. Anda siap terinspirasi?



Foto: dok. CASA Indonesia & Istituto Marangoni