Ngabuburit menjadi aktivitas penting di bulan Ramadhan. Terutama di akhir pekan ketika tidak terlalu banyak aktivitas lain yang terlalu menyita waktu. Banyaknya pilihan tempat ngabuburit di Jakarta terkadang membuat bingung untuk ditentukan mana yang sesuai keinginan dan tepat waktu menjelang waktu berbuka puasa.

Baiknya untuk memilih tempat sesuai kategorinya. Apa yang lagi diinginkan untuk menghabiskan waktu luang sembari menunggu berbuka puasa. Berikut kategori yang bisa Anda pilih.

Art Space




Museum Macan

Dengan adanya pameran Yayoi Kusama: Life is The Heart of A Rainbow yang sedang berlangsung hingga 9 September 2018 di Museum MACAN, menjadi pilihan terbaik untuk ngabuburit. Tapi ingat, berusahalah untuk meresapi nilai perjalanan seni seorang Yayoi Kusama, jangan terobsesi berfoto dengan labu kuning berpolkadot hitam yang sudah viral di media sosial!


Dia.Lo.Gue

Bagi yang menyukai sastra, nama Pramoedya Ananta Toer tentu sudah tidak asing lagi. Ekshibisi bertajuk Namaku Pram sedang digelar di Dia.Lo.Gue berisi tentang napak tilas seorang Pramoedya, dari mulai coretan tulisan hingga tiket-tiket pesawat yang ia kumpulkan. Pameran ini akan berlangsung hingga tanggal 3 Juni 2018 mendatang.

Instalasi seni di ruang terbuka yang bercerita tentang pribadi Pramoedya Ananta Toer, mampu membuat Anda lebih memahami perjalanan sastra Pramoedya dan karakter tulisannya.


Ruci Art Space

Untuk yang lebih senang tentang seni-seni yang membahas “emerging situations”, bisa menghabiskan waktu Anda di Ruci Art Space.

Untuk bulan ini Ruci Art Space menjadi tempat untuk Divisi62, sebuah kolektif seni multi disiplin untuk memamerkan karya-karyanya dalam tajuk Paripurna.


Bioskop Alternatif

Kineforum

Setiap bulan hadir dengan program berisi film-film pilihan baik dalam maupun luar, box office ataupun festival.

Kineforum yang memiliki kapasitas sebesar 45 penonton bisa jadi pilihan untuk menghabiskan waktu Anda menunggu waktu berbuka.


Kinosaurus

Bioskop alternatif dengan kapasitas tidak lebih dari 30 penonton, akan membuat ngabuburit Anda terasa lebih nyaman.

Pilihan film-film yang ditawarkan pun berasal dari segala genre, yang tentunya bisa disesuaikan dengan selera Anda.




Paviliun 28

Tempat hangout multiguna ini juga punya ruangan nonton ala bioskop. Dengan kapasitas kurang lebih 20-an penonton.

Yang membuat seru aktivitas menonton di Paviliun 28 adalah surprise screening yang harus selalu dipantau melalui media sosial. Jadi jangan lewatkan apabila Anda sedang memburu suatu film, Paviliun 28 mungkin akan menayangkannya untuk Anda.


Public Space

Galeri Nasional Indonesia

Galeri milik negara yang secara permanen memamerkan sejarah seni rupa di Indonesia ini bisa jadi tempat pilihan untuk ngabuburit.

Selain itu, hingga 4 Juni 2018 ada pameran tunggal dari Hafiz Rancajale yang sedang berlangsung. Cukup menarik untuk menghabiskan waktu sambil mencari inspirasi, bukan?


Como Park

Ngabuburit di Como Park ini bisa dibilang lengkap, penuh pilihan. Como Park juga dikenal sebagai meeting point para pecinta hewan peliharaan seperti anjing, jadi selain bertemu komunitas baru, Anda juga dapat bersantai dan bermain bersama hewan peliharaan sampai jam berbuka tiba.

Selain memburu aneka kuliner seperti pizza atau kopi, Anda juga dapat berbelanja pakaian atau aksesori di Footurama yang juga terdapat di dalam kompleks Como Park. 


Post Bookshop

Meskipun hanya sebuah toko buku di pasar modern, nyatanya Post Bookshop yang hingga saat ini hanya buka di Sabtu dan Minggu sering mengadakan forum diskusi untuk bedah buku.

Bagaimana, sudah menentukan rencana ngabuburit Anda sore ini?


Foto: dok. mymodernmet.com