Selain diisi oleh karya desainer dan arsitek ternama, pameran CASA Indonesia pun memberi wadah bagi mahasiswa-mahasiswa di bidang desain produk untuk mengembangkan potensi dalam zona Young Designers. Tiap tahunnya Young Designers selalu diminati, baik mereka yang membawa nama perseorangan atau membawa nama almamater dari universitasnya.


Young Designers 2011




Di tahun pertama pameran CASA Indonesia, terdapat sepuluh peserta Young Designers yang berpartisipasi dari beberapa universitas jurusan desain ternama di Indonesia. Pada beberapa karya yang ditampilkan, para mahasiswa tersebut banyak menciptakan karya yang diharapkan berguna bagi banyak orang.


Salah satu karya Ivan Christianto dengan konsep reuse dan recycle di pameran CASA Indonesia 2011

Young Designers 2012

Kemudian pada pameran CASA Indonesia tahun 2012, terdapat 11 karya desain produk yang dipamerkan baik karya perorangan maupun karya kolaborasi untuk mewakili universitas masing-masing. Pada area Young Designers tahun 2012, terlihat metamofosa desain karya para desain muda yang mengedepankan sisi fungsional dan estetika. 


Salah satu karya Gladys Angelina dan Ivana Stacia Helmi yang dipengaruhi oleh Skandinavia di CASA Indonesia 2012

Young Designers 2013

Beranjak ke pameran CASA Indonesia tahun 2013, para peserta Young Designers meningkat secara drastis menjadi 26 karya. Tidak hanya menampilkan ragam karya dengan varian karakter desain, dari 26 karya tersebut juga terlihat eksplorasi para mahasiswa yang menggali inspirasinya masing-masing baik dari secara lokal maupun tren internasional. 


Bobby Hartanto, Regina Amanda, dan Regina Angelia bersama karya produk mereka di CASA Indonesia 2013


Young Designers 2014

Mencari karya yang memiliki standar kualitas dan karakter mumpuni tentu membutuhkan kurasi secara teliti. Di pameran CASA Indonesia 2014, akhirnya terpilih 14 karya yang merupakan hasil kurasi tim CASA Indonesia. Nilai-nilai dasar pada desain hingga sisi estetika menjadi dasar penilaian bagi kurasi untuk karya yang akan tampil di area Young Designers.



Riung Set karya Josephine Glenis di CASA Indonesia 2014


Young Designers 2015

Kali ini, instalasi Young Designers di pameran CASA Indonesia 2015 diisi karya sembilan mahasiswa dari tiga universitas yaitu Lasalle College International, Raffles Institute of Higher Education, dan Binus University. 

Karya dari tiga mahasiswa Lassalle College International Jakarta yang dipamerkan di CASA Indonesia 2015


Young Designers 2016

Pameran CASA Indonesia 2016 kembali menjadi wadah untuk presentasi sepuluh karya dari empat universitas yang mengisi area Young Designers. Tidak hanya karya produk furnitur maupun dekorasi ruang, para peserta juga menampilkan maket-maket bangunan sebagai bagian dari tugas akademik dengan berbagai bentuk dan gagasan desain.



Konsep Kantor Pos dari Michael Vincent untuk CASA Indonesia 2016

Young Designers 2017

Pameran Young Designers di CASA Indonesia 2017 turut diramaikan oleh 10 karya dari empat universitas ternama di Indonesia. Siluet desain yang modern dan kontemporer mendominasi karya-karya yang terpajang di instalasi Young Designers di pameran CASA Indonesia 2017 lalu.

Salah satu karya dari Universita Esa Unggul di CASA Indonesia 2017


Foto: dok. CASA Indonesia