Lumen Museum of Mountain Photography, terletak 2,275 meter diatas permukaan laut berada di puncak Plan de Corones, Kronplatz, Tyrol Selatan, Itali. Bangunan yang dibangun sekitar 1800 meter persegi ini memang sengaja di dedikasikan untuk fotografi gunung. 







Museum yang didirikan oleh pendaki gunung terkenal Reinhold Messner dalam rangka ingin merayakan karya fotografer gunung dari seluruh dunia. Lokasi Museum Lumen ini sendiri telah menempati situs bekas stasiun kereta yang dibangun pada tahun 1963 hingga tahun 1986. Perpanjangan yang ditambahkan pada tahun 1974 menyediakan akomodasi tempat tinggal dan sebuah restoran yang tutup pada pertengahan 1990-an.

 

Baca juga, 11 Hal Penting tentang Spot Instagrammable, MoJa Museum



Interior dari Museum Lumen dirancang oleh Gerhard Mahlknecht dari EM2. Memiliki 4 lantai dan memiliki ruang acara dengan kapasitas hingga 200 orang disamping galeri. Lumen memamerkan sejarah fotografi gunung dari awal hingga saat ini dengan menampilkan berbagai hasil karya fotografer gunung. 





Interior yang bertingkat disini, disambungkan oleh balkon dan jembatan yang menghubungkan satu ruangan dengan ruangan pameran lainnya. Ditambah, dinding kaca yang besar pun berhasil memperlihatkan keindahan dari lembah yang berdekatan.


Baca juga, Mirage, Rumah Cermin yang Dibangun di atas Gunung Salju



Para pengunjung pun dimanjakan oleh restoran yang tersedia disini. Interior restoran  desainer dari London, Martino Gamper. Dengan ruang restoran yang menyediakan lingkungan nyaman dengan pemandangan indah dari segala arah. 


Sumber foto & foto teaser: Marco Zanta / dok.Archdaily