Bulan puasa bukan berarti menghalangi Anda untuk aktif dalam berkegiatan. Menjelang waktu buka puasa, akan seru sekali jika dapat Anda isi dengan mengeksplorasi pameran-pameran menarik sekaligus informatif yang sedang berlangsung di ibukota.

Tidak perlu pusing untuk memutuskan pergi kemana saja karena CASA Indonesia telah menyiapkan kumpulan pameran yang patut Anda kunjungi di bulan puasa ini.



Pameran apa sajakah itu? Simak daftar berikut ini.


1. Cahaya

Pionir di bidang wedding photography, Axioo berkolaborasi dengan Royal Design, Infico Indonesia, V2 Indonesia, serta desainer Yogie Pratama dalam mengeksplorasi kehadiran cahaya dalam fotografi, teknologi, serta desain interior melalui instalasi interaktif penuh kemerlap. Salah satu keunikan dari pameran ini adalah instalasi La Fleur yang tercipta dari rangkaian Kristal biru dari Swarovski Crystal Elements. Pameran berlangsung hingga 25 Mei 2019 di Lantai 1 Senayan City, Jakarta.  





Tiket masuk: Gratis

Waktu operasional: 10.00 – 22. 00 WIB


2. Earth Manual Project

Bekali diri Anda dengan pengetahuan dalam menghadapi bencana alam melalui display informatif dalam pameran Earth Manual Project. Diselenggarakan di Dia.Lo.Gue Artspace, pengunjung diundang untuk belajar mengenai tindakan pencegahan serta menghadapi usai bencana dengan belajar yang lebih menyenangkan bersama desain. Dibuka untuk publik hingga 26 Mei 2019, pameran merupakan kolaborasi antara Japan Foundation Asia Center, Studio Fffaaarrr, Leboye, Dusdukduk, Design and Creative Center Kobe, dan Plus Arts.





Tiket masuk: Gratis

Waktu operasional: 11.00 – 20.00 WIB (Khusus selama bulan Ramadan)


3. Moto-moto Indonesia

Mengajak pengunjung untuk berpartisipasi dan berinteraksi aktif langsung dengan karya seni menjadi acuan kehadiran Moto-moto Museum dan Resto sejak 26 April 2019 di QBig, BSD City. Didirikan oleh Boy William, Teddy Lazuardi, dan Rudi Lazuardi, pameran perdana dari Moto-moto turut menghadirkan seniman dan desainer kawakan Indonesia seperti Felix Tjahyadi, Hero Dono, dan Sembilan Matahari.





Tiket masuk: Rp. 100.000,-

Waktu operasional: 10.00 – 22.00 WIB




4. Dunia dalam Berita

Bertajuk lawas yang mengundang nostalgia masa tahun 90-an, pameran Dunia dalam Berita yang diselenggarakan di Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN) berisi akan karya seniman yang menanggapi topik terkait betapa mudahnya akses informasi dengan bantuan media massa dan internet sejak pertengahan 1990-an. Turut hadir pula karya dari I Nyoman Masriadi, FX Harsono, dan beragam seniman lainnya hingga 21 Juli 2019.





Tiket masuk: Dewasa (Rp 100.000,-), murid (Rp 90.000,-), dan anak-anak (Rp 80.000,-)

Waktu operasional: 10.00 – 18.00 WIB


5. Matter and Place

Ini dia kesempatan bagi pencinta arsitektur untuk menyaksikan secara langsung karya dari arsitek Andra Matin bertajuk Elevation. Karya yang meraih special mention dalam Venice Architecture Biennale 2018 lalu, kini hadir dalam pameran Matter and Place di Museum MACAN hingga 21 Juli 2019. Sederetan karya dalam pameran ini, merepresentasikan narasi yang mengeksplorasi antara relasi manusia dengan tempat.



Tiket masuk: Sudah termasuk dengan tiket masuk pameran Dunia dalam Berita

Waktu operasional: 10.00 – 18.00 WIB


6. Laut Kita

Bertepatan dengan perayaan Hari Bumi, lini fashion Sejauh Mata Memandang menghadirkan pameran bertajuk Laut Kita di Level 2 Plaza Indonesia mulai dari 22 April hingga 16 Juni 2019. Pameran hadir sebagai kritik atas masalah sampah plastik yang kian mencemari lingkungan hidup sekaligus peluncuran koleksi musim kemarau 2019 dari brand ini. Menggaet Felix Tjahyadi sebagai konseptor untuk pameran, turut ikut hadir pula beragam karya fotografi dan video oleh Jay Subyakto, Davy Linggar, dan masih banyak lagi.





Tiket masuk: Gratis

Waktu Operasional: 10.00 – 22.00 WIB


Foto teaser: Pameran seru untuk mengisi waktu ngabuburit saat bulan puasa / Kompilasi CASA Indonesia / Sejauh Mata Memandang / Museum MACAN / Moto-moto Indonesia