Ieoh Ming Pei atau yang lebih dikenal I.M. Pei adalah seorang arsitek keturunan Tiongkok - Amerika yang lahir pada 26 April 1917 di Suzhou, Tiongkok.

I.M Pei merupakan salah satu arsitek terbaik dari generasi arsitek modern yang telah menutup usianya pada umur 102 tahun. Ia menyelesaikan studi arsitekturnya di Massachusetts Institute of Technology dan Harvard, dimana disana ia bertemu dengan arsitek Bauhaus, Walter Gropius dan Marcel Breuer.

Selain itu ia juga telah banyak menerima penghargaan, salah satunya adalah Pritzker pada 1983 dimana juri menyatakan bahwa ia telah menciptakan ruang interior dan bentuk eksterior paling indah abad ini. 



Sederet bangunan terkenal dan ternama telah dibuatnya, berikut adalah 10 karya I.M. Pei yang dikenal dunia:


1. Le Grande Louvre

Salah satu karya paling terkenal yang dibuat oleh I.M. Pei. Dibalik berdirinya bangunan yang terletak di Louvre Palace, Paris, ternyata pada 1981 Presiden Perancis yang baru terpilih Francois Mitterrand, membuat kampanye untuk merenovasi institusi budaya di Paris, salah satunya adalah Louvre. Pada 1989 I.M. Pei berhasil menyelesaikan renovasi Louvre, berhasil mengurangi kemacetan dan mendatangkan ribuan pengunjung tiap harinya.


Arsitek I.M. Pei Tutup Usia, Ini 10 Karya Terbaiknya!

Le Grande Louvre / Rory Hyde


2. Luce Memorial Chapel

Dinamakan setelah misionari Amerika pada abad 19, Luce Memorial Chapel terletak di Tunghai University di Taichung, Taiwan. Kapel ini yang selesai dibangun pada 1963 ini di desain oleh Chen Chi-Kwan, seorang arsitek dan seniman yang berkolaborasi dengan I.M. Pei.


Arsitek I.M. Pei Tutup Usia, Ini 10 Karya Terbaiknya!

Luce Memorial Chapel / archdaily


3. JFK Presidential Library

I.M. Pei terpilih dari daftar yang menjadi kandidat untuk mendesain bangunan ini, list itu termasuk Louis Kahn, Mies van der Rohe, Alvar Aalto, Franco Albini dan 5 arsitek terkenal dari seluruh dunia lainnya. Menjadi arsitek yang mendesain JFK Presidential Library pada 1964, setelah kematian Kennedy setahun sebelumnya 1963,  ikut membuat namanya menjadi terkenal.


Arsitek I.M. Pei Tutup Usia, Ini 10 Karya Terbaiknya!

JFK Presidential Library / archdaily


4. East Building, National Gallery of Art

Sebuah galeri yang terletak di Washington, DC, USA adalah salah satu karya dari I.M. Pei. Ia meminta Paul Stevenson Oles, Steve, untuk berkolaborasi bersamanya menyelesaikan ilustrasi dari East Building di National Gallery of Art. 


Arsitek I.M. Pei Tutup Usia, Ini 10 Karya Terbaiknya!

East Building, National Gallery of Art / archdaily


Baca juga, Ia Nyata! Tokoh Arsitek di Balik Scale Figure SketchUp


5. Museum of Islamic Art

Terletak di Doha, ibu kota Qatar, dimana museum ini berada. Bangunan yang desain oleh I.M. Pei pada pertengahan 2000-an, disaat ia sudah pensiun, tetapi ia tetap dibujuk karena Pei berhasil membuat bangunan terlihat menonjol di daratan.


Arsitek I.M. Pei Tutup Usia, Ini 10 Karya Terbaiknya!



Museum of Islamic Art Doha / archdaily


6. Bank of China Tower

Menara yang terdiri dari 70 lantai ini merupakan menara tertinggi di Asia pada tahun pembukaannya, Mei 1990 dan menjadi bangunan tertinggi di Hongkong. Pada saat merancangnya I.M.Pei diminta untuk membuat markas tertinggi yang tahan dari badai, mewakili aspirasi rakyat Tiongkok tetapi masih melambangkan Koloni dari Inggris.


Arsitek I.M. Pei Tutup Usia, Ini 10 Karya Terbaiknya!

Bank of China Tower / archdaily


7. Miho Museum

Sebuah museum yang terletak di Shigarakicho Tashiro, Shiga prefecture, Jepang merupakan proyek bersama antara Jepang dan Amerika. Dimana I.M. Pei berkolaborasi dengan Kibowkan International, Inc untuk menyelesaikan museum ini.


Arsitek I.M. Pei Tutup Usia, Ini 10 Karya Terbaiknya!

Miho Museum / archdaily


8. Herbert F. Johnson Museum of Art, Cornell University

Dengan keingan untuk membuat sebuah pemandangan yang optimal, dan ruang terbuka, museum ini terletak di atas lereng setinggi 1.000 kaki yang menghadap ke Danau Cayuga di Ithaca. Tidak sendirian, museum ini dirancang oleh I.M. Pei dan John L. Sullivan, serta dengan bantuan dari Pei Cobb Freed & Partners.


Arsitek I.M. Pei Tutup Usia, Ini 10 Karya Terbaiknya!

Herbert F. Johnson Museum of Art, Cornell University / archdaily


Baca juga, Mengenang Kisah Arsitek Legendaris, Han Awal


9. Everson Museum

Sebuah museum yang dirancang pada tahun 1968 oleh I.M. Pei ini hadir dan fokus pada seni dan keramik Amerika dan terletak di Syracuse, New York, United States.


Arsitek I.M. Pei Tutup Usia, Ini 10 Karya Terbaiknya!

Everson Museum / archdaily


10. Suzhou Museum

Museum Suzhou yang terletak di kota Suzhou, Tiongkok ini merupakan salah satu karya dari I.M. Pei. Terletak berbatasan dengan Zhong Wang Fu, kompleks tempat tinggal yang bersajarah pada abad ke-10 dan Garden of the Humble Administrator, sebuah taman pada abad ke-16.

Arsitek I.M. Pei Tutup Usia, Ini 10 Karya Terbaiknya!

Suzhou Museum / archdaily


Selamat jalan, maestro! 


Foto teaser: I.M. Pei / designmilk