Selalu menjamu dengan senyuman hangat adalah impresi yang kerap dipancarkan oleh Reza Wahjudi, seorang desainer interior ternama di Indonesia dan principal dari Bobos Design. Nama biro desain yang ia dirikan sejak tahun 1985 ini diambil dari nama panggilan sejak muda, yaitu Bobos. Sejak kolaborasi dan pertemuan pertama antara CASA Indonesia dengan Bobos beberapa tahun silam, tersirat sosok desainer yang ramah, down-to-earth, tak banyak bicara, namun karyanya begitu gemilang dan penuh detail. 







Bobos Design telah menghasilkan ragam karya, mulai dari desain interior restaurant, mall, hotel, residensial, bahkan furnitur baik untuk dalam dan luar negeri. Aktivitas terbaru yang ia ikuti adalah BWI Design Competition with Montana yang didukung oleh Montana, BWI Furniture, dan CASA Indonesia. 

Buah karya Bobos Design pun telah melebarkan sayap hingga ke manca negara seperti 1 MARKET by Chef Wan dan TOP of The M, Mandarin Hotel di Singapura, Cheers Canteen Grand Hyatt Hotel, BANK NOBU Head Office Jakarta, Mall @ Alam Sutra, RS MRCCC Siloam Jakarta, dan lainnya.


Baca juga, Pantonova, Montana: Kursi Legendaris di Film James Bond



Eksistensinya sebagai seorang desainer pun semakin terdengar luas sejak banyak mengadakan pameran bersama komunitas desain bernama ID12 (Interior Designer 12). ID12 telah menyelenggarakan pameran The Colour of Indonesia sejak tahun 2014 dan meluncurkan buku bernama “Maison 12, Designers Suite Apartment, Indonesian Heritage Through The Eyes of ID12” pada tahun 2019. Buku ini bagai sebuah referensi desain interior penuh makna dan elegansi. 




Sejak awal berdiri, Bobos Design mengilhami konsep desain Art Deco Modern. Konsep desain ini merupakan sebagai terobosan tren industri yang berkembang pesat di Indonesia. Namun seiringnya perkembangan jaman, Bobos Design banyak memberikan kontribusi perubahan interior desain yang lebih modern.






Fokus dan komitmen dalam membentuk suatu konsep desain yang benar-benar memberikan suatu warna perubahan pada desain terbukti memberikan kontribusi yang tinggi bagi kemajuan dan kredibilitas perusahaan. Dalam pelaksanaannya juga, gaya dan karakter desain lebih disesuaikan dengan lingkup kebutuhan konsumen sesuai dengan motto “Kami tidak akan berhenti menciptakan desain, kami akan menyediakan solusinya”.

Setiap karya Bobos Design disertai dengan sentuhan style dari seorang Reza Wahjudi yang akan tetap menjadi nilai artistik yang istimewa. 





Bobos meraih gelar sarjana di International Fine Arts College, Miami, USA pada tahun 1983. Selain menimba studi di Amerika, ia sempat meniti karier di Hellen Weissner Design dan Shirley Goff Inc., Florida. Sewaktu bersekolah di International Fine Arts College, Bobos sempat mendapat penghargaan berkat karyanya berupa sebuah ‘Bunk-Bed’ multi-fungsi berbentuk bis bertingkat untuk diikutsertakan pada kejuaraan National Home Fashion League tahun 1983.




Pengalamannya di negara Paman Sam membuatnya semakin mantap berkarier, membuka biro desainnya sendiri, dan meraih berbagai penghargaan dalam bidang desain, seperti First Prize, Interior Design 1983, International Fine art College, Miami, Florida USA, Personal achievement award, International Fine Art College, Miami, Florida USA., Best Exhibition Booth 1995, House & Interior Exhibition, Jakarta, dan masih banyak lagi.


Sumber foto: Bobos Design, The Colour of Indonesia