Furnitur bergaya modern seperti yang dimiliki oleh Ikea merupakan produk yang diminati oleh masyarakat zaman sekarang.




Salah satunya adalah produk Billy Bookcase dengan dimensi tinggi 237 sentimeter serta memiliki variasi lebar dimulai dari 40 hingga 80 sentimeter. Dengan prinsip produk Ikea yang memudahkan konsumen untuk merakitnya sendiri, Anda pun dapat dengan mudah berkreasi dengan furnitur ini sesuai dengan kebutuhan di rumah.


Cara Mudah Buat Rak Dinding Minimalis di Rumah 1

Billy Bookcase / Ikea


Jadi, cara mudah bagaimana sajakah yang bisa Anda lakukan untuk mempercantik rak dinding minimalis di rumah?


1. Tambahkan sliding door

Memiliki deretan rak dinding yang panjang, Anda tak perlu menutupi seluruhnya dengan pintu jika ingin mengutamakan kemudahan akses ke barang-barang di dalamnya.


Cara Mudah Buat Rak Dinding Minimalis di Rumah 2

Ich Designer 


Sebagai contoh, jika memiliki deretan rak dinding selebar 280 sentimeter, Anda dapat mengaplikasikan sliding door yang terbuat dari Oriented Strand Board (OSB) sebanyak tiga unit papan dengan lebar 60 sentimeter. Material ini dianggap affordable karena terbuat dari potongan kayu yang ditekan dan disatukan dengan adhesive resin serta lem. Selain itu, ini tersedia pula dalam dimensi besar sehingga dapat menutupi rak setinggi 237 sentimeter sekalipun.


Cara Mudah Buat Rak Dinding Minimalis di Rumah 3

Ich Designer


Sematkan rail pintu dibagian atas lemari, tambahkan roda pada bagian bawah panel, serta handle pintu untuk memudahkan saat menggeser panel.


2. Beri bentuk lengkung di sisi atas rak

Rak dengan bentuk lengkung di bagian atasnya mengurangi kesan terlalu kaku pada interior rumah. Jika sudah memiliki rak dinding, tambahkan plywood atau medium-density fibreboard (MDF) yang telah dipotong melengkung pada bagian atas rak. Lapisi papan ini dengan cat putih atau warna cat yang serasi dengan rak.


Cara Mudah Buat Rak Dinding Minimalis di Rumah 4

Sabrina DeSousa / Brian Ferry / Sight Unseen




Baca juga, Pecinta Buku akan Suka dengan 11 Inspirasi Rak Buku Ini


3. Susun papan rak sesuka hati

Kombinasikan dua tipe unit rak dinding dengan lebar yang berbeda. Susun papan di rak dengan beragam jarak tinggi yang berbeda sehingga Anda tak perlu khawatir saat ingin menaruh dekorasi dengan ukuran yang tinggi di dalam rak dinding.


Cara Mudah Buat Rak Dinding Minimalis di Rumah 5

@designsixtynine



4. Wujudkan impian akan walk-in closet

Walaupun tinggal di rumah atau tipe apartemen yang memiliki layout interior yang terdiri dari satu ruang besar, Anda bisa menciptakan walk-in closet dengan rak. Susun jajaran rak dinding dalam dua baris yang saling berhadapan dengan jarak diantara keduanya sekitar 60 sampai 80 sentimeter. Jarak ini diperlukan untuk akses satu orang di antara rak. Ciptakan pintu semi transparan dengan menggunakan tapestry yang menghubungkan dua rak yang berhadapan.


Cara Mudah Buat Rak Dinding Minimalis di Rumah 6

Eengoedverhaal


5. Takut terlihat berantakan? Tirai membantu menutupinya

Tirai tak hanya dapat Anda gunakan pada jendela untuk memfiltrasi sinar matahari ke dalam rumah, namun bisa menjadi trik mudah untuk menutupi rak. Pastinya terdapat masa ketika isi dalam rak ini terlihat berantakan. Rak seperti ini tentu tidak ingin Anda perlihatkan dan di sinilah peran tirai membantu menyelubunginya. Selain itu, berkat lipatan-lipatan pada tirai ruangan pun terasa lebih homey dan tidak terlalu kaku.


Cara Mudah Buat Rak Dinding Minimalis di Rumah 7

Blogachadosdedecoracao


Baca juga, Ingin Dapur Rapi? Coba 9 Ide Rak Dapur Minimalis Ini


6. If you think plain is boring..

Jika rak dengan warna putih terasa membosankan bagi Anda, maka tempelkan wallpaper bermotif pada bagian dinding belakang rak. Caranya adalah sebelum memasang seluruh bagian lemari, terapkan wallpaper pilihan Anda pada papan bagian belakang rak.


Cara Mudah Buat Rak Dinding Minimalis di Rumah 8

Yahoo Lifestyle


Foto teaser: Well + Good