Bulan Ramadan kali ini terasa berbeda, dikarenakan bertepatan dengan adanya pandemi Covid-19 ini. Beberapa aktivtas rutin yang biasa dilakukan saat ibadah puasa pun terasa tidak sama, seperti ngabuburit. Karena tanpa ngabuburit, puasa rasanya belum lengkap, tetapi dengan kondisi seperti ini Anda ternyata bisa melakukan aktivitas seru untuk menemani ngabuburit di rumah bersama keluarga atau sahabat.


Buat kalian yang bingung kegiatan ngabuburit apa saja yang seru untuk dilakukan di rumah, CASA Indonesia telah merangkumnya ke dalam 8 aktivitas berikut!





1. Menjajal resep baru untuk hidangan berbuka




Manfaatkan waktu senggang ngabuburit untuk menjajal resep andalan atau resep baru untuk menu buka puasa. Tentunya ini bisa menjadi ide ngabuburit yang seru, dengan kegiatan ini Anda bisa mengirit dan mengasah kemampuan Anda untuk memasak di dapur. Dan tidak ada salahnya jika ada sisa, bisa Anda bagikan ke tetangga hingga ke mereka yang membutuhkan.


2. Berolahraga ringan bersama keluarga




Meski sedang berpuasa, Anda bersama keluarga harus menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Oleh karena itu, Anda bisa mengisi waktu ngabuburit untuk berolahraga bersama keluarga. Pilihlah jenis olahraga ringan yang tidak terlalu menguraas energi, seperti senam ataupun yoga. Lakukanlah diruangan yang sejuk dan bisa istirahat sejenak sebelum berbuka puasa.


3. Bermain bersama buah hati




Jika pekerjaan rumah sudah beres dan makanan untuk berbuka sudah siap. Tak ada salahnya, Anda sebagai orang tua menemani sang buah hati untuk bermain game kesukaan, bermain board game misalnya. Seperti puzzle, ular tangga hingga game console yang tentunya dapat menemani ngabuburit di rumah kali ini hingga menjelang berbuka puasa. 


4. Manjakan diri dirumah



      

Tidak ada salahnya, waktu ngabuburit kali ini Anda mengisinya dengan memanjakan diri. Tidak perlu ke spa, cukup dirumah saja, banyak cara sederhana untuk merawat diri sekaligus melepas penat di rumah. Mulai dari menggunakan masker muka, memijat badan, hingga luluran dapat dilakukan untuk mengisi waktu ngabuburit bersama keluarga.


5. Bereksperimen untuk membuat DIY






Memiliki barang-barang bekas di rumah yang masih layak untuk dipakai? Bisa Anda sulap menjadi mainan DIY atau hiasan dinding. Anda bisa mengajak si kecil untuk membuat mainannya sendiri sembari melatihnya menjadi kreatif membuat prakarya dengan barang-barang bekas yang ada di rumah.


6. Bersih-bersih rumah




Membersihkan area rumah ternyata bisa menjadi salah satu agenda yang dilakukan saat ngabuburit. Anda bisa memulai dengan membersihkan secara ringan, seperti membersihkan rak-rak yang berdebu, memilih barang-barang yang sudah tidak digunakan hingga membersihkan debu-debu dari barang-barang dirumah lainnya. 


7. Berbagi takjil kepada tetangga




Walaupun sedang social distancing, berbagi dengan sesama masih dapat dilakukan untuk orang-orang yang mencari bukaan di masjid-masjid. Atau hanya sekedar berbagi kepada penjaga, atau siapapun yang membutuhkan di sekeliling rumah Anda.


8. Menonton drama/seri kesukaan




Mengisi waktu ngabuburit di rumah Anda dengan menonton salah satu drama korea / seri kesukaan bisa menjadi solusinya. Sebelum mempersiapkan buka, Anda bisa saja meluangkan waktu sebentar untuk menonton lanjutan drama yang sedang di tonton, hingga waktu memasak telah tiba.


9. Perbanyak ibadah untuk mengisi waktu ngabuburit Anda




Kegiatan yang paling utama dan baik untuk dilakukan saat bulan Ramadan ini adalah perbanyak ibadah, mulai dari zikir, tadarus, hingga beramal. Karena di bulan inilah waktu yang tepat untuk mendekatkan diri kepada Allah. Oleh karena itu, isi waktu ngabuburit Anda dengan berzikir atau mengaji bersama keluarga hingga menjelang waktu berbuka.


Sumber foto + teaser: timthumb