Hal yang cukup terasa berbeda di tahun 2020 ini adalah minimnya kegiatan ngabuburit. Aktivitas tersebut tidak hanya digunakan sebagai waktu bersantai untuk menunggu buka puasa, namun juga jadi saat yang sangat seru untuk mencari hidangan pembuka di sekitar rumah ataupun kantor.


Dengan beragamnya budaya Indonesia, tentu akan banyak sekali perbedaan yang bisa ditemukan di atas meja saat menghidangkan menu berbuka puasa. Ada yang memilih makanan ringan, minuman hangat atau dingin, bahkan ada juga yang langsung menjadikan makan besar sebagai ritual berbuka puasa. Apapun makanannya tentu akan terasa nikmat saat adzan maghrib berkumandang.




Namun dari perbedaan tersebut, akan ditemukan juga beberapa menu berbuka puasa yang terhidang. Berikut adalah lima menu buka puasa yang wajib ada di atas meja.


1. Kurma


5 Menu Buka Puasa Yang Wajib Ada Di Atas Meja

dok. blibli.com


Menjelang bulan Ramadan hingga menuju lebaran, Kurma merupakan salah satu makanan yang akan sering ditemukan di mana-mana, mulai dari supermarket, toko rumahan, bahkan hingga di atas meja rumah. Buah manis ini identik menjadi hidangan pembuka tidak hanya di Indonesia, tapi di belahan dunia lainnya.


Baca juga: Solusi Memasak di Mana Saja Tanpa Kabel yang Merepotkan


2. Kolak


5 Menu Buka Puasa Yang Wajib Ada Di Atas Meja

dok. instagram.com/kencana_kitchen


Hidangan manis memang jadi menu buka puasa favorit bagi sebagian orang. Kolak pun menjadi salah satu di antaranya. Makanan berkuah santan ini sangat mudah diolah dan dapat diisi dengan jenis makanan kesukaan, baik pisang, ubi, hingga singkong. Selain itu, kolak pun bisa disajikan dalam kondisi hangat ataupun dingin sehingga setiap orang dapat mencicipinya dengan tanpa harus merelakan preferensi masing-masing.


3. Teh Hangat




5 Menu Buka Puasa Yang Wajib Ada Di Atas Meja

dok. Gresei


Berbuka puasa tanpa minum teh hangat akan terasa kurang nikmatnya. Setelah seharian menahan haus, tentu kehadiran teh akan menghangatkan serta menyegarkan kondisi tubuh. Minuman yang mudah dibuat ini tentu jadi menu wajib yang dihidangkan saat berbuka puasa.


Baca juga: Gampang! Tips Memilih Karpet Sesuai dengan Ruangan Anda


4. Es Buah


5 Menu Buka Puasa Yang Wajib Ada Di Atas Meja

dok. tastemade


Selain minuman hangat, sajian buka puasa yang dingin pun menjadi favorit untuk segera disantap saat adzan maghrib berkumandang. Salah satu yang jadi menu buka puasa favorit adalah es buah. Sajian buah-buah segar, seperti melon, pepaya, serta kelapa, diberi kuah susu yang manis serta pacar cina yang vibrant seakan menggoda untuk segera disantap.


5. Gorengan


5 Menu Buka Puasa Yang Wajib Ada Di Atas Meja

dok. lintasusaha.com


Gorengan memang merupakan sajian yang terkenal tidak sehat. Namun uniknya, hidangan tersebut hampir tidak pernah luput tersaji di atas meja saat waktu buka puasa. Mungkin karena jenisnya sebagai makanan ringan dan mudah untuk ditemukan di mana saja, sehingga membuat gorengan menjadi salah satu hidangan wajib yang biasa tersaji di atas meja makan masyarakat Indonesia.


Sumber foto: dok. prelo.co.id