Kesehatan mental seseorang menjadi jauh lebih penting selama masa karantina di rumah. Hal tersebut menjadi lebih rentan terganggu karena adanya perasaan asing di dalam situasi seperti ini.

Kumpulan rekomendasi perihal cara menjaga kesehatan mental telah disiapkan untuk membantu melancarkan masa karantina ini.



Dari para ahli dari SANGHA Retreat by OCTAVE Institute, bagian dari Petrie PR Good Living & Wellbeing, Anda dapat mempraktikkan cara-cara tersebut untuk melatih kesehatan mental.

1. Rekomendasi dari Life Coach, Grace Zhu

Life Coach, Grace Zhu merekomendasikan strategi yang bernama ‘REM’. Strategi ‘REM’ merupakan sebuah singkatan dari ‘R’ untuk ‘regular’, ‘E’ untuk ‘entertainment’ dan ‘M’ untuk ‘meaningful’.

3 Ahli ini Membagikan Rahasia untuk Hidup Lebih Sehat


Regular’ berarti di kondisi yang seperti sekarang ini kita tetap harus menjaga jadwal rutinitas reguler, untuk membantu pikiran menjadi sehat.

Kemudian ‘entertainment’, kita membutuhkan hiburan untuk memelihara pikiran yang sehat. Anda dapat menonton film atau mendengarkan musik favorit.

3 Ahli ini Membagikan Rahasia untuk Hidup Lebih Sehat


Grace Zhu juga menyarankan untuk, sembari memejamkan mata, membayangkan berada di tempat liburan favorit Anda untuk mengingat momen-momen indah pada waktu itu.

Terakhir adalah ‘meaningful’, artinya kita tetap harus melakukan aktivitas-aktivitas yang bermakna selama dikarantina di rumah, contohnya mencari hobi baru.

2. Rekomendasi dari Nutritionist, Gaby Luo

Ahli nutrisi yang bernama Gaby Lou memberi rekomendasi untuk mengonsumsi lima sampai tujuh porsi sayur dan dua porsi buah setiap harinya untuk menjaga kekebalan tubuh.


Baca juga, 8 Tanaman Ini Mampu Cegah Corona Masuk Ke Dalam Rumah!



Kegiatan yang melibatkan gerakan tubuh juga sangat disarankan untuk tetap aktif selama berada di rumah.


3 Ahli ini Membagikan Rahasia untuk Hidup Lebih Sehat

Berjemur di bawah sinar matahari pagi juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, seperti memperkuat tulang, meningkatkan fungsi otak serta meningkatkan kualitas tidur.

3 Ahli ini Membagikan Rahasia untuk Hidup Lebih Sehat


Mengonsumsi racikan herbal khas Tiongkok juga dapat menjadi pilihan untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh.


Baca juga, 5 Tanaman Obat Tradisional Jadi Buruan Karena Corona


3. Rekomendasi dari Head of Ayurveda and Yogic Science, Dr. Dhanraj G Shetty

Menurut Dr. Dhanraj, kesehatan bukan sesuatu yang seharusnya dicapai melainkan sebuah gaya hidup.


3 Ahli ini Membagikan Rahasia untuk Hidup Lebih Sehat

Dr. Dhanraj mengutip dari petuah kuno asal Ayurveda perihal ‘how to be healthy’ yang menjelaskan bahwa perilaku, respek, kejujuran dan rasa bersyukur adalah kunci hidup yang sehat.


3 Ahli ini Membagikan Rahasia untuk Hidup Lebih Sehat


Tidak ada pola makan bahkan rutinitas olahraga yang dapat mengalahkan kunci tersebut.


 Sumber foto dan teaser: Petrie PR Good Living & Wellbeing 
Teks oleh: Shabrina P. Nisakara