Beberapa waktu lalu, CASA Indonesia telah merilis 14 daftar bebersih rumah yang bisa Anda lakukan ketika mengkarantina diri saat pandemi COVID-19.


Daftar-daftar tersebut tidak hanya digunakan untuk menghabiskan waktu ketika karantina diri, daftar itu juga bisa digunakan sebagai tuntunan untuk membersihkan rumah, dari hulu hingga hilir.





Kali ini, CASA Indonesia memberikan tantangan 14 daftar bebersih rumah yang bisa diisi oleh laki-laki. Penasaran dengan isi tantangan tersebut? Yuk disimak!


Hari ke-1: Membersihkan koleksi sneakers Anda



Nike


Menjadikan rumah rapi tidak harus melalui kegiatan yang muluk-muluk. Anda bisa mulai dari membersihkan barang-barang personal Anda, seperti sneakers.


Anda bisa mulai membersihkan sneakers Anda dengan sikat kering untuk menghilangkan sisa-sisa tanah atau kotoran keras yang menempel.


Setelah melepas insole dan tali, Anda bisa mulai membasuhnya dengan spons yang telah dibasahi deterjen. Lalu keringkan sneakers Anda di dalam suhu ruangan.


Hari ke-2: Membersihkan kolong tempat tidur



Oscar Home Design


Setelah membersihkan koleksi sneakers Anda, kebersihan kamar tidur juga perlu diperhatikan. Bersihkan kolong tempat tidur Anda dari debu dan barang-barang yang mungkin Anda jatuhkan.


Baca juga: 6 Tips Desain Rumah Anti Bosan dan Stress


Jika sudah bersih, kolong tersebut bisa diaplikasikan sebagai tempat kompartemen untuk menyimpan barang.


Hari ke-3: Merapikan garasi Anda



House Logic


Kala pandemi ini, garasi mungkin menjadi tempat di mana Anda banyak menghabiskan waktu ketika di rumah. Buat garasi Anda lebih nyaman dengan membersihkan debu di sudut-sudut yang belum terjamah.


Anda bisa mengorganisir perkakas Anda dengan menggunakan boks-boks plastik yang ditempelkan di dinding. Hal tersebut akan membuat garasi terlihat lebih rapi dan Anda tidak akan kesulitan untuk mencari sesuatu.


Hari ke-4: Merawat kendaraan Anda



Revzilla


Setelah garasi Anda lebih rapi, merawat motor atau mobil kesayangan Anda adalah tantangan selanjutnya.


Ketika pandemi, Anda mungkin jarang menggunakan kendaraan Anda. Maka mulai lah memanaskan kendaraan Anda selama 30 detik hingga 1 menit, dilakukan sebaiknya 2 hari sekali.


Anda bisa mulai mencuci kendaraan Anda dengan sabun khusus mobil, lalu Anda dapat memeriksa bagian-bagian mobil mana yang bisa diperbaiki.


Hari ke-5: Membersihkan koleksi jaket



Parisian Gentleman


Bagi Anda yang suka bepergian, jaket adalah salah satu pakaian yang sering digunakan dan dikoleksi. Seringkali koleksi jaket tersebut dibiarkan menggantung di balik pintu dan menumpuk, sehingga dapat menjadi tempat bersarangnya nyamuk.


Saat Anda jarang bepergian, mulai mencuci jaket-jaket Anda dan gantungkan di dalam lemari dengan suhu ruangan agar tidak kusut. Setiap material jaket memiliki perawatannya yang berbeda. Untuk jaket jeans, jangan keringkan jaket tersebut di bawah sinar matahari langsung.


Hari ke-6: Merapikan koleksi buku



The Millions


Jika Anda memiliki koleksi buku, melewatkan pandemi di rumah dengan membaca buku bisa menjadi aktivitas positif yang meningkatkan pengetahuan Anda.


Baca juga: Bosan di Rumah? Ini Cara Mengatasinya Menurut Zodiak


Untuk itu, Anda juga harus merapikan koleksi buku Anda. Mulai dengan membersihkan debu dan sarang laba-laba di rak buku Anda. Untuk koleksi buku-buku tua, Anda bisa membungkusnya dengan sampul plastik agar tahan lama.


Hari ke-7: Merawat alat olahraga Anda





Ikea


Selain memperkaya dengan pengetahuan, waktu karantina diri di rumah juga bisa Anda gunakan untuk menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga. Untuk membuat Anda nyaman, alat-alat fitness tersebut juga harus dalam keadaan bersih.


Bersihkan alat-alat tersebut setelah dipakai menggunakan lap kering. Lalu taruh peralatan tersebut dan simpan di dalam lemari agar terhindar dari sinar matahari atau air.


Hari ke-8: Merawat dompet dan produk-produk berbahan kulit



Firstcry Parenting


Produk-produk berbahan kulit seperti dompet, sepatu, jaket, dan tas yang Anda miliki memerlukan pemeliharaan yang tepat.


Anda bisa membasuhnya dengan minyak khusus produk-produk berbahan kulit. Patut diingat jika produk-produk tersebut tidak dapat terpapar langsung oleh sinar matahari.


Hari ke-9: Membersihkan meja komputer Anda



Decor and More Design


Kerja di rumah membuat Anda banyak menghabiskan waktu di depan komputer Anda ketika bekerja. Agar suasana kerja Anda lebih produktif, meja kerja sebaiknya dibuat rapi dan bersih.


Tempatkan komputer persis di depan kursi agar posisi duduk Anda tetap nyaman. Rapikan kabel-kabel yang menjuntai dari belakang menggunakan cable ties agar lebih teratur. Terakhir, perhatikan bagian belakang CPU dan bersihkan debu yang menempel dengan lap kering.


Hari ke-10: Memangkas rambut Anda sendiri



Daman


Akibat pandemi, Anda mungkin tidak bisa memangkas rambut Anda di tempat pangkas rambut. Tantangan kali ini meminta Anda untuk memangkas rambut Anda sendiri.


Untuk memangkas rambut sendiri, Anda harus memiliki clipper yang tepat. Setelah itu, Anda juga membutuhkan pengaturan kaca ganda untuk memperlihatkan bagian depan dan belakang rambut Anda.


Hari ke-11: Merapikan lemari mainan Anda



MSSM Associates / Revano Satria


Entah diecast, figurine, atau model kit, laki-laki biasanya memiliki rak khusus yang didedikasikan untuk memajang mainan mereka. Jika Anda memilikinya, pastikan setiap mainan yang berada di rak tersebut dibersihkan.


Hari ke-12: Merapikan lemari pakaian



Medium


Kini Anda bisa beralih ke lemari pakaian Anda. Jika lemari pakaian Anda terasa penuh, ada baiknya Anda memilah mana pakaian yang layak dipakai dan bisa disumbangkan kepada orang-orang yang membutuhkan.


Pemilahan barang tersebut tidak hanya membuat lemari Anda terasa lebih lengang, hal tersebut juga akan memudahkan Anda ketika membersihkannya.


Hari ke-13: Merawat alat musik Anda



Pinterest


Jika Anda memiliki alat musik, Anda juga harus memastikan alat musik Anda tetap terjaga kebersihannya. Lap alat musik Anda dengan kain basah secara rutin untuk menghilangkan debu-debu yang menempel.


Jika jarang digunakan, simpan alat musik Anda di dalam case dan jangan simpan barang-barang selain alat musik Anda di dalam case tersebut. Agar lebih aman, simpan alat musik Anda di dalam suhu ruangan.


Hari ke-14: Merapikan rumah sebagai gaya hidup



Wilcox Brosco


Setelah Anda melaksanakan semua tantangan tersebut selama dua minggu, duduk sejenak dan lihat keadaan rumah Anda.


Semua langkah kecil yang Anda lakukan setiap harinya dapat berkembang menjadi sesuatu yang besar dan rumah Anda akan terlihat lebih rapi dan menyenangkan dari sebelumnya.


Teaser: Wilcox Brosco