Pada April 2020, firma arsitektur Foster+Partners meluncurkan inisiasi permainan anak, #architecturefromhome. Kampanye ini sekaligus untuk menghadapi situasi yang mengharuskan anak-anak untuk belajar di rumah selama wabah Covid-19 melanda dunia.

Beragam kesulitan dihadapi orang tua untuk menjaga fokus serta well-being anaknya selama periode waktu ini. Untuk mejawab persoalan ini, rangkaian permainan ciptaan Foster+Partners bisa menjadi solusi menyenangkan bagi orang tua dan anak.







Baca juga, Alat Khusus untuk Anak Mudah Belajar Matematika & Musik

Tak hanya menggambar, adik-adik diajak untuk membangun, bermain, berpikir, membaca, serta menonton selama mengikuti #architecturefromhome ini. Jadi, para orang tua bisa menarik napas sejenak karena bocah akan sibuk menjadi arsitek cilik untuk beberapa jam.

Permainan apa saja yang diperkenalkan dan bagaimana kah cara bermainnya?

Berikut penjelasan lengkapnya.


1. Paper Skycraper

Tantangan yang diberikan adalah seberapa tinggi gedung pencakar langit yang bisa Anda buat? Unduh template lengkapnya dan mulai gunting serta menempelkan potongan-potongan bangunan ciptaan anak Anda.

Jadi Arsitek itu Seru! Game Anak-anak Foster+Partners 1

Template: Paper Skycraper


2. Create your own city

Jika gedung pencakar langit sudah selesai, ciptakan pula kota impian milik Anda. Tak harus gedung-gedung tinggi, beragam komponen bangunan serta rumah juga bisa ditambahkan dalam kreasi ini. Jika perlu beri pula warna serta gambar menggemaskan di tiap bangunan yang telah dibangun.

Jadi Arsitek itu Seru! Game Anak-anak Foster+Partners 2

Template: Create Your Own City


Baca juga, 8 Board Game Ini Bikin Physical Distancing Tetap Seru!


3. Drawing trees

Metode menggambar vegetasi atau tanaman di gambar arsitektur memang bukanlah metode yang tak asing lagi, terutama bagi arsitek dan desainer. Namun, bagi arsitek cilik ini bisa menjadi pembelajaran menarik untuk di kelas seni nantinya. Anak-anak bisa mengunduh template dan belajar cara menggambar maupun mewarnainya.

Jadi Arsitek itu Seru! Game Anak-anak Foster+Partners 3

Template: Drawing Trees (Drawing Technique) | Drawing Trees (Colouring)




4. Archi-parts

Bagaimana bentuk arsitek impian yang kamu bayangkan? Curahkan imajinasi Anda dalam kotak gambar yang disediakan beserta dengan gedung skyscraper yang ingin diciptakan. Unleash your imagination!

Jadi Arsitek itu Seru! Game Anak-anak Foster+Partners 4

Template: Archi-parts


Baca juga, Sekolah ini Hadirkan Sistem dan Desain yang Ramah Anak


5. Photostory

Tahukah kamu bahwa arsitek dan desainer kerap menggunakan foto sebagai media untuk menyampaikan desainnya? Mari buat cerita mu sendiri dengan foto sambil mengikuti tips dalam Photostory.

Jadi Arsitek itu Seru! Game Anak-anak Foster+Partners 5

Tips: Photostory


6. What Makes A Building?

Ditulis dan digambar oleh para anggota Foster+Partners, What Makes A Building merupakan buku cerita anak-anak yang mengisahkan tentang sebuah bangunan bagi pembaca muda. Bahkan anak juga bisa ikut menyanyi bersama dalam menikmati cerita bergambar ini.




Jadi, apakah sudah siap bermain menjadi arsitek? Unduh template yang ada dan bagikan pula kisah kreasi ciptaan Anda di sosial media dengan menyertakan #architecturefromhome.





Sumber Foto: Foster+Partners