Biasanya ketika salah satu orang di rumah Anda sakit, membersihkan rumah menjadi salah satu pertolongan pertama Anda. Dikarenakan kebersihan menjadi kunci utama dari mencegah virus dan bakteri penyakit tersebut.

Aktivitas wajib yang sering kali menghabiskan tenaga dan waktu ini ternyata seringkali membuat beberapa orang kewalahan hingga stress. 

Tetapi, pada dasarnya tidak semua kuman yang ada di area rumah ini perlu dimusnahkan, Anda bisa memakai cara baru yang disarankan oleh Dr. Elizabeth Scott seorang Professor of Microbiology at Simmons Center for Hygiene and Health in Home and Community at Simmons University in Boston. Dengan cara Anda bisa menargetkan area mana yang mungkin lebih banyak membawa virus dan bakteri berbahaya, seperti area yang sering terkena kontak tangan.




Dilansir dari Apartment Therapy, ada beberapa area yang bisa langsung Anda bersihkan tanpa menghabiskan waktu yang lama, seperti:


1. Kenop pintu


loop


Anda bisa mulai membersihkan area kenop pintu dengan cara menyemprotkan disinfektan secara menyeluruh di area ini. Terutama saat ada orang rumah yang terkena penyakit, karena kuncinya adalah membersihkan tempat yang tepat pada waktu yang tepat.


2. Kunci rumah


dekoruma


Bersihkan area kunci rumah dengan rutin, terlebih lagi ketika ada orang yang sakit dan pergi dari luar. Karena ini bukan tentang berapa kali dibersihkan dalam seminggu atau sebulan, tapi lebih untuk mengurangi resiko penularan infeksi di rumah.


3. Remote TV


mastel




Benda ini mungkin sering terlupakan untuk dibersihkan, tetapi tidak ada yang tahu bahwa sesungguhnya remote tv juga dapat menularkan penyakit ke orang lain yang berada di dalam rumah. Bersihkan remote lebih sering ketika ada yang sakit di rumah.


4. Perangkat elektronik (handphone)


unsplash


Merupakan salah satu benda yang tidak dapat lepas dari genggaman Anda, handphone ternyata mengandung banyak bateri yang berasal dari mana saja. Tentunya, selain sering mencuci tangan dengan air dan sabun, Anda juga harus menyemprotkan disinfektan ke perangkat elektronik yang sering Anda gunakan guna meminimalisir penyebaran penyakit dari luar.


5. Gagang keran


Proyek Cauldfield North oleh Flack Studio


Mencuci tangan menjadi salah satu hal paling efektif untuk menghindari kuman (selama Anda mencuci nya sesuai ketentuan yang berlaku). Namun, tahukah Anda bahwa gagang keran dari wastafel Anda menyimpan banyak bakteri? Oleh karena itu, Anda juga perlu untuk rutin membersihkannya, dengan cara menggosoknya ataupun menyemprotkan disinfektan langsung ke keran tersebut.




Sumber : Apartment Therapy
Sumber teaser: Alex Urena Design Studio / Tim Shaw